Selasa 11 Februari 2020, 16:31 WIB

Kandidat Demokrat AS Bersiap Hadapi Pemilihan di New Hampshire

Nur Aivanni | Internasional
Kandidat Demokrat AS Bersiap Hadapi Pemilihan di New Hampshire

AFP
Bernie Sanders

 

KANDIDAT dari Partai Demokrat AS bersiap-siap menghadapi pemilihan di New Hampshire, Selasa (11/2). Bernie Sanders dan Pete Buttigieg berjuang menempati posisi terdepan agar bisa melawan Donald Trump dalam pemilihan presiden November tahun ini.

New Hampshire menjadi tuan rumah pemilihan pendahuluan pertama, delapan hari setelah Kaukus Iowa digelar pada pekan lalu. Calon-calon kandidat Gedung Putih dari Demokrat telah mengumpulkan suara di kota-kota kecil di negara bagian tersebut. Dalam Kaukus Iowa, mantan Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg, unggul tipis dari Bernie Sanders.

Pemilihan di New Hampshire akan berlangsung sengit. Pasalnya, orang-orang yang bukan dari partai - yang jumlahnya melebihi pendukung Demokrat dan Republik di negara bagian tersebut - diizinkan untuk memilih dalam kedua pemilihan pendahuluan yang digelar Demokrat maupun Republik. Itu berarti akan membuat tingkat persaingan semakin ketat.

Senin (10/2) malam, Trump pun menyerbu masuk ke New Hampshire untuk mencuri perhatian di Manchester. "Ingat ini: Demokrat Washington tidak pernah lebih ekstrem," kata Trump kepada pendukungnya yang bersorak, seperti dikutip dari AFP, Selasa (11/2).

"Kami menyelamatkan perawatan kesehatanmu sementara Demokrat sosialis berusaha mengambil perawatan kesehatan tersebut," kata Trump yang ditujukan kepada Bernie Sanders, kandidat dari Demokrat.

Sementara itu, Sanders menyampaikan kepada pendukungnya dengan janji akan mengurangi kesenjangan dan merombak sistem perawatan kesehatan AS. "Besok adalah hari yang penting," kata Sanders dalam sebuah rapat umum besar di Durham. "Ayo kita menangkan ini, ayo kita ubah Amerika!"

Dalam kampanye tersebut, posisi Sanders semakin meningkat, khususnya di kalangan pemilih muda. "Kami tidak benar-benar memiliki banyak politik sayap kiri di negara ini. Bernie merevitalisasi itu," kata Alex Pomerantz, 29, seorang manajer data dari New York yang datang ke New Hampshire untuk Bernie.

Rata-rata polling RealClearPolitics menunjukkan Sanders meraih 28,8% di New Hampshire, disusul Buttigieg dengan 22,3%. Sementara itu, dalam jajak pendapat baru Universitas Quinnipiac menunjukkan posisi Sanders (25%) menyalip posisi Biden (17%). Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan Michael Bloomberg melonjak dukungannya (15%). (AFP/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More