Selasa 11 Februari 2020, 13:47 WIB

62 Orang Suspect Virus Korona di Indonesia Dinyatakan Negatif

Atalya Puspa | Humaniora
62 Orang Suspect Virus Korona di Indonesia Dinyatakan Negatif

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Kepala Balitbangkes Kementerian Kesehatan Siswanto (kedua kiri) memberikan keterangan pers terkait novel coronavirus

 

BADAN Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan telah memeriksa sebanyak 64 spesimen terduga kasus virus novel korona. Sejumlah 62 dari 64 spesimen tersebut dinyatakan negatif, sementara dua lainnya masih dalam proses pemeriksaan.

"62 negatif. 2 masih pemeriksaan. Prosesnya, kita pertama menemukan suspect yang benar-benar suspect sesuai dengan guideline WHO. Baru diambil spesiemen yang benar," kata Kepala Badan Litbangkes Siswanto di Kantor Balitbangkes, Jakarta Pusat, Selasa (11/2).

Baca juga: Kemenkes Prediksi Penanganan Virus Korona Lebih dari 6 Bulan

Siswanto mengungkapkan spesimen tersebut diambil dari 16 provinsi. Ia merinci sebanyak 14 spesimen berasal dari Jakarta, 11 dari Bali, 7 dari Jawa Tengah, 6 dari Jawa Barat, 6 dari Jawa Timur, 4 dari Banten, 4 dari Sulawesi Utara, 3 dari Yogyakarta, 2 dari Kalimantan Timur, 1 dari Jambi, 1 dari Papua Barat, 1 dari NTB, 1 dari Kepulauan Riau, 1 dari Bengkulu, 1 Kalimantan Barat dan 1 Sulawesi Utara.

Meskipun belum ada pasien yang positif terjangkit virus novel korona di Indonesia, Siswanto meminta masyarakat agar tidak menyangsikan hasil deteksi yang dikeluarkan balitbangkes.

"Kalau hasilnya negatif jangan menyangsikan. Di India, confirmed kasus virus novel korona ada 3 dan itu dari 630 kasus," ungkapnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More