Selasa 11 Februari 2020, 11:15 WIB

PSI Tuding Anies Hobi Terabas Aturan

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
PSI Tuding Anies Hobi Terabas Aturan

MI/ANDRI WIDIYANTO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

KETUA Fraksi PSI DKI Jakarta Idris Ahmad meminta Gubernur Anies Baswedan membuka rencana induk Revitalisasi Monas dan peta lokasi yang akan dipakai untuk formula E.

Pasalnya, ia menilai selama ini Anies hobi menabrak sejumlah aturan yang ada sehingga kerap bentrok dengan aturan pemerintah pusat.

Menurut Idris, surat persetujuan Kementerian Sekretariat Negara atas penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas harus dilihat secara lengkap dengan syarat-syarat yang menyertai.

"Publik berhak mengetahui rencana Pemprov DKI Jakarta untuk Revitalisasi Monas dan Formula E. Kebiasaan Gubernur Anies Baswedan suka menerabas aturan. Makanya Komisi Pengarah mengingatkan Anies secara eksplisit agar hati-hati dan tidak menerabas rambu-rambu,” kata Idris dalam keterangan resminya, Selasa (11/2).

Anies sebelumnya belum mendapatkan izin terkait revitalisasi Monas dan Formula E.

Baca juga: Pemprov Terlalu Sibuk Event Balapan

Hal itu mengacu pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Penataan Kawasan Medan Merdeka, yang harus melalui persetujuan Komisi Pengarah yang diketuai Menteri Sekretaris Negara.

Ada empat syarat, ungkap Idris, yang disampaikan Komisi Pengarah dan harus dipatuhi Pemprov DKI. Pertama, konstruksi lintasan tribun penonton dan fasilitas lain harus sesuai peraturan perundang-undangan.

Yang kedua, menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan, dan kebersihan lingkungan di kawasan Medan Merdeka. Ketiga, menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka.

Terakhir, melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

"Sekarang harus dipublikasikan, dibuat transparan. Kita sama-sama mengawasi, jangan sampai main tebang pohon kayak sebelumnya," tandas Idris. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More