Selasa 11 Februari 2020, 14:00 WIB

Trump: Saatnya Negosiasi Perdagangan dengan Uni Eropa

Nur Aivanni | Internasional
Trump: Saatnya Negosiasi Perdagangan dengan Uni Eropa

AFP/Jim Watson
Presiden AS Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan saat ini waktunya mengejar negosiasi perdagangan dengan Uni Eropa (UE) yang akan memberlakukan hambatan "luar biasa" terhadap barang-barang AS.

"Eropa telah memperlakukan kami dengan sangat buruk," kata Trump pada acara di Gedung Putih dengan gubernur negara bagian AS, Selasa (11/2).

Setelah mencapai serangkaian kesepakatan perdagangan dengan Kanada, Meksiko dan Jepang, serta perjanjian fase pertama dengan Tiongkok. Selanjutnya Trump akan menjajaki Eropa.

Hubungan ekonomi kedua negara tersebut telah bertahan selama berbulan-bulan dalam gencatan senjata. Sejauh ini, Trump menunda ancaman menaikkan pajak terhadap mobil-mobil Eropa. Trump dan Uni Eropa sepakat melakukan gencatan senjata pada pertengahan 2018, ketika kedua belah pihak sepakat bernegosiasi.

Baca juga:  Trump Pecat Dua Saksi Pemakzulan

Trump akan fokus terlebih pada perselisihannya dengan Tiongkok dan menegosiasikan kembali pakta perdagangan bebas kontinental dengan Kanada serta Meksiko.

Senin (10/2), Trump mengeluhkan kebijakan perdagangan UE dan menegaskan ketidakmungkinan pembentukan blok ekonomi sehingga mereka dapat memperlakukan AS dengan buruk.

"Mereka memiliki penghalang yang luar biasa. Mereka siap untuk kesepakatan," ujarnya.

Trump fokus mengurangi defisit perdagangan AS dengan UE yang berjumlah US$178 miliar, tahun lalu. Itu tidak termasuk layanan perusahaan-perusahaan Amerika memiliki keuntungan.(AFP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More