Senin 10 Februari 2020, 23:18 WIB

Pendidikan yang Baik Tonggak Indonesia Maju

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Pendidikan yang Baik Tonggak Indonesia Maju

Dok. Matakin
Perayaan Imlek di kompleks Kemendikbud

 

SISTEM pendidikan yang baik menjadi salah satu dasar terbentuknya Indonesia maju yang jadi misi Presiden Joko Widodo. ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Budi S Tanuwibowo mengatakan, pembangunan manusia adalah modal untuk mencapai Indonesia maju.

karena itulah, kata Budi, format pendidikan yang tepat, yaitu menggabungkan pendidikan karakter, fisik, sains, seni, dan manajemen adalah sistem yang tepat.

Pendidikan yang baik, lanjutnya, selaras dengan pepatah sabda Kongzi yang dipercaya agama Konghucu yang berbunyi Pemerintahan yang Baik belum Sebanding dengan Pendidikan yang Baik.

Baca juga : Menag Ingatkan Soal Toleransi di Perayaan Imlek MATAKIN

Ia menjelaskan, pemerintahan yang baik masih bisa menimbulkan rasa takut pada rakyat. Namun, pendidikan yang baik akan membuat rakyat bangkit harga dirinya dan percaya pada kemampuan dirinya.

"Bekerja sama, berkolaborasi untuk kebaikan bersama dengan keyakinan bahwa dengan persatuan yang kokoh, dimulai dari keluarga-keluarga akan membuat Indonesia maju. Keluarga kokoh, negara sejahtera," kata Budi dalam keterangan tertulisnya saat perayaan Imlek Kongzili 2571 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang hadir dalam perayaan imlek itu mengatakan, salah satu pendidikan karakter yang perlu ditekankan ialah merawat kebhinekaan dalam keberagamabn. Hal itu tercermin juga dalam tema Imlek di Kemendikbud yang bertajuk "Merawat Kebinekaan, Menjaga Ke-Indonesiaan." (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Rony Muharrman

Hujan Lebat Disertai dan Angin Kencang masih Landa Tanah Air

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 08 April 2020, 08:33 WIB
Humas BMKG Taufan Maulana, mengatakan intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara...
ANTARA/Wahyu Putro A

Prajogo Pangestu Tambah Donasi untuk Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 07:56 WIB
Sampai saat ini, bantuan yang telah diberikan Prajogo Pangestu melalui Barito Pacific Group telah mencapai Rp40...
Ist

Sumbangan Rp10 Miliar untuk Rumah Sakit BUMN Penanganan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 06:17 WIB
Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang kemudian disalurkan kepada rumah sakit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya