Selasa 11 Februari 2020, 01:40 WIB

Tim Putra Langsung ke Babak Gugur

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Tim Putra Langsung ke Babak Gugur

ANTARA FOTO/Aditya Pradana
Pebulu tangkis Apriyani Rahayu (kanan) berlatih untuk persiapan Kejuaraan Beregu Asia 2020 Filipina di Cipayung, Jakarta.

DRAWING ulang yang dilakukan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menyusul batal tampilnya Tiongkok dan Hong Kong di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020, menempatkan Indonesia bersama Korsel di Grup A. Karena Grup A hanya dihuni Indonesia dan Korsel, kedua negara dipastikan lolos ke perempat final.

Tiongkok dan Hong Kong batal mengirim tim karena Filipina melarang warga dari kedua negara itu datang ke Filipina terkait wabah korona. Absennya Tiongkok dan Hong Kong berpengaruh secara signifikan bagi Indonesia.

Sebelumnya, tim putra Indonesia berada di Grup A bersama India dan Filipina. Sementara itu, tim putri tetap di grup Y bersama Thailand dan Filipina.

Hasil undian ulang yang hanya menempatkan tim putra Indonesia dan Korsel di Grup A dinilai manajer tim bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti, merupakan keuntungan. Pasalnya, apa pun hasilnya melawan Korsel besok, Hendra Setia­wan dan kolega dipastikan lolos ke babak knock out.

“Dari awal, kami sudah siap kalau ada perubahan seperti ini, yang penting dari tim dan individu masing-masing siap. Di satu sisi, kami bisa lebih irit tenaga, tapi di pertandingan pertama, langsung dapat lawan yang kuat,” ujar Susi seperti dikutip badminton.org.

Hal senada diungkapkan Bambang Roedyanto selaku Kasubid Hubungan Internasional Bidang PBSI. Menurutnya, kondisi ini bisa terbilang menguntungkan, khususnya bagi tim beregu putra yang langsung lolos ke babak berikutnya.

“Kondisi itu bisa dibilang menguntungkan, khususnya bagi tim putra  yang merupakan unggulan pertama. Kita jadi langsung lolos ke fase knock out karena di grup kan cuma berdua,” ujarnya.
Di bagian putri, Indonesa tetap berada di Grup Y bersama Thailand dan Filipina. Walau demikian, peluang tim putri Indonesia untuk lolos tetap terbuka.

Di atas kertas, kekuatan tim put­ri Indonesia berimbang dengan Thailand serta berada di atas tuan rumah Filipina. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan diprediksi lolos ke babak selanjutnya dengan predikat minimal sebagai runner up.
          
Boleh tidak bersalaman

Di sisi lain, panitia penyelenggara Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 memberikan kelonggaran kepada pemain untuk tidak bersalaman dengan lawan, wasit, serta hakim servis, sebelum dan sesudah pertandingan. Kebijakan tersebut diambil untuk menjaga kondisi para peserta selama turnamen berlangsung terkait penyebaran virus korona.

 Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Achmad Budiharto, mengatakan keputusan itu diambil dalam Manager Meeting di Rizal Memorial Coliseum Manila, Fili­pina, kemarin. Selain kebijakan tersebut, Budi juga menjelaskan bahwa peraturan lain tak ada yang diganti dan tetap seperti biasa.

“Kami sangat memahami tentang kekhawatiran tim lain untuk penyebaran virus korona. Kami tahu penyebaran melalui persentuhan. Diizinkan boleh salaman atau tidaknya di lapangan karena untuk kepentingan bersama dan saling menjaga kesehatan,” tutur Budiharto. (R-1)

Baca Juga

AFP

Juara Dunia 100 Meter, Coleman Terancam Absen di Olimpiade Tokyo

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:47 WIB
Juara dunia lari 100 meter Christian Coleman terancam absen pada Olimpiade Tokyo 2021, setelah Unit Integritas Atletik menetapkan bahwa ia...
AFP/HELMUT FOHRINGER / APA

Djokovic Sebut Bintang Tenis Generasi Berikutnya Telah Tiba

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 10:58 WIB
Djokovic menyebut nama-nama seperti Alexander Zverev, Stefanos Tsitsipas, Jannik Sinner, dan Andrey Rublev sebagai para...
ANTARA/GALIH PRADIPTA

Ajak Anak Muda Hidup Sehat dengan Lomba Lari dan Bersepeda

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:20 WIB
Ajang yang terbuka untuk umum dan gratis itu dibagi menjadi 2 kategori, yakni kategori lari dengan minimum jarak tempuh 42 km dan sepeda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya