Senin 10 Februari 2020, 15:15 WIB

Tata Stasiun Tanah Abang, Pemprov DKI Pindahkan PKL ke Blok F

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tata Stasiun Tanah Abang, Pemprov DKI Pindahkan PKL ke Blok F

MI/Andry Widyanto
Suasana trotoar yang dipadati pkl di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/2)

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta segera melakukan penataan kawasan Stasiun Tanah Abang untuk dijadikan kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD). Saat ini, Pemprov DKI pun sedang dalam proses memindahkan para PKL yang berjualan di dekat pintu masuk Stasiun Tanah Abang di sisi Jalan Taman Jati Baru.

Beberapa alat berat seperti eskavator terlihat sedang melakukan perombakan lahan di lahan Stasiun Tanah Abang sejak bulan lalu. Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengungkapkan akan memindahkan PKL di lokasi itu ke Pasar Tanah Abang Blok F.

Baca juga: Anggaran Triliunan, Jakarta Tetap Banjir

"Ada 140 PKL yang akan kami pindahkan. Sosialisasinya sudah. Nanti Rabu mereka mulai kita terima di Blok F," kata Irwandi saat dihubungi, Senin (10/2).

PKL yang akan dipindahkan yakni yang biasanya berjualan di Jati Baru Bengkel, Jalan Jati Baru atau di sepanjang trotoar Stasiun Tanah Abang dan lokasi sementara (loksem) PKL JP 15 di Jalan Taman Jati Baru yang berseberangan dengan kantor Dinas Teknis Pemprov DKI.

Nantinya, Stasiun Tanah Abang akan menjadi area yang terbuka sehingga bisa menampung ojek daring, ojek pangkalan, angkutan mikrotrans Jaklingko dan bus Trans-Jakarta.

"Loksem JP15 kita pindahkan. Di situ nanti jadi TOD dan penumpang serta ojol tidak lagi memenuhi jalan. Akan ada layby (titik jemput penumpang) bus Trans-Jakarta di situ," tukasnya.

Baca juga: Salah Informasikan Titik Banjir, Akun TMC Polda Minta Maaf

Untuk PKL di Jalan Jati Baru dan Jati Bengkel akan dipindahkan ke Blok F. Sementara, untuk PKL di loksem JP15 akan dipindahkan ke loksem di Pasar Palmerah.

Penataan Stasiun Tanah Abang ini menjadi satu dari target penataan kawasan di empat stasiun. Stasiun lainnya yang akan diproses untuk ditata yakni Stasiun Juanda, Stasiun Senen, dan Stasiun Sudirman. Penataan ini adalah bentuk dari hasil pembentukan anak usaha baru dari patungan antara PT KAI dan PT MRT Jakarta yakni PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ). (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

Wabah Covid-19, Dinas Bina Marga DKI Terapkan Protokol Kesehatan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 08 April 2020, 09:48 WIB
Dalam SE yang ditujukan pada penyedia jasa konstruksi itu, Hari menegaskan protokol kesehatan harus diterapkan di semua sektor...
MI/MOHAMAD IRFAN

DPRD akan Bahas Pertanggunjawaban APBD 2019 Bareng Anies

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 09:29 WIB
Adanya jarak interaksi sesama anggota dewan juga bakal diterapkan. Taufik mengatakan, yang hadir dalam paripurna tak boleh lebih dari 40...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Disnaker Buka Kembali Pendaftaran Pekerja Terdampak Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 08 April 2020, 08:39 WIB
Bagi para pekerja yang terdampak, Dinasker akan mendata untuk masuk ke dalam penerima program bantuan Kartu Prakerja dari pemerintah pusat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya