Senin 10 Februari 2020, 12:02 WIB

WHO Laporkan Korban Tewas Akibat Virus Korona Capai 910 Orang

Deri Dahuri | Internasional
WHO Laporkan Korban Tewas Akibat Virus Korona Capai 910 Orang

Noel Celis/AFP
Seorang petugas membawa mesi fogging disinfektan untuk disemprotkan ke tempat-tempat di Shanghai, Tiongkok, Minggu (9/2).

 

JUMLAH korban meninggal akibat virus korona novel tipe baru telah melampaui korban tewas akibat virus SARS. Laporan terbaru dari otoritas kesehatan Tiongkok melaporkan korban tewas baru akibat virus korona pada Minggu (9/2).  

Setiap hari terjadi penambahan jumlah korban akibat virus korona novel yang menyebabkan pneuminia. Secara resmi, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengatakan korban tewas akibat virus korona mencapai 910 orang.

Komisi Kesehatan Tiongkok juga melaporkan, Senin (10/2) pagi, ada 3.052 kasus baru hingga Minggu (9/2) tengah malam. Dengan penambahan kasus baru, jumlah kasus virus korona mencapai 40.171 kasus. Sebanyak 6.500 pasien yang sedang dirawat kondisi cukup parah.

Di sisi lain, menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) telah menewaskan 813 orang di Tiongkok dan beberapa negara Asia selama 2002-2003.

Baca juga : Malaysia Konfirmasi Warga Negara Keenam Positif Virus Korona

SARS juga memiliki tingkat angka kematian tinggi sekitar 10% dari pada korona virus baru yang tingkat kematiannya 2% dari seluruh orang yang terinfeksi.  

Pada Senin (9/2), otoritas kesehatan Provinsi Hubei, Tiongkok, yang ditemukan pertama kali wabah virus korona pada Desember dengan 2.618 kasus dan akhirnya meningkat hampir mendekati 30 ribu kasus.

Dari 97 korban tewas tambahan yang baru pada Minggu (9/2), tercatat sebanyak 91 kematian terjadi di Hubei, Tiongkok. Namun 1.800 pasien di Hubei telah disembuhkan dan telah diizinkan kemvali ke rumah masing-masing.    

Di tengah meningkatnya kasus korona virus di sejumlah negara, Jepang, Amerika Serikat (AS), dan Singapura telah melakukan pembatasan dan larangan masuk bagi mereka yang memiliki riwayat melakukan perjalanan dari Tiongkok.

Pejabat WHO terbang ke Tiongkok

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam Twitter-nya, Minggu (9/2), mengatakan tim pakar internasional dari WHO telah terbang menuju Tiongkok untuk melakukan penyelidikan dan penelitian wabah virus korona. 

"Saya baru beradat di bandara untuk bertemu anggota tim awal untuk @WHO-led #2019nCoV misi pakar internasional ke #China, yang dipimpin Dr Bruce Aylward,  veteran bidang emergensi kesehatan publik," kata Tedros dari Genewa, Swiss.  

Pada akhir Januari lalu, Tedros bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing dan kedua belah pihak sepakat untuk pengirim misi internasional ke Tiongkok.

Pimpinan tim WHO, Aylward, seorang epidemiologis dan pakar kesehatan emegensi, yang pernah ditugaskan WHO untuk mengatasi wabah Ebola di Afrika Barat dan telah meminta juga pemberantasan polio dan sejumlah penyakit menular lainnya. (South China Morning Post/OL-09)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More