Senin 10 Februari 2020, 13:30 WIB

WHO Peringatkan Soal Penyebaran Virus Korona di Luar Tiongkok

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
WHO Peringatkan Soal Penyebaran Virus Korona di Luar Tiongkok

AFP/FABRICE COFFRINI
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

 

KEPALA Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan mengenai kasus yang dikonfirmasi virus korona yang ditularkan orang-orang yang belum pernah melakukan perjalanan ke Tiongkok bisa jadi fenomena ‘puncak gunung es’.

Pernyataan Ghebreyesus datang ketika anggota ‘misi pakar internasional yang dipimpin WHO terbang ke Tiongkok, Senin (10/2), untuk membantu mengoordinasikan respons terhadap wabah yang sejauh ini telah menginfeksi lebih dari 40.000 orang dan menewaskan 908 di negara itu.

"Sudah ada beberapa contoh tentang penyebaran #2019nCoV dari orang-orang yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke (Tiongkok)," cicit Ghebreyesus, Minggu (10/2), menggunakan nama ilmiah sementara virus itu.

Baca juga: Korban Meninggal Akibat Virus Korona Lewati 900 Jiwa

"Deteksi sejumlah kecil kasus mungkin mengindikasikan penularan yang lebih luas di negara lain; singkatnya, kita mungkin hanya melihat ujung gunung es," imbuhnya.

Sementara penyebaran virus di luar Tiongkok tampaknya melambat, Ghebreyesus memperingatkan akan kemungkinan bisa berakselarasi.

Di luar Tiongkok daratan, ada lebih dari 350 infeksi virus korona dilaporkan di hampir 30 tempat. Ada dua korban meninggal, satu di Filipina dan satu di Hong Kong, serta satu terduga di Jepang. (AFP/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More