Minggu 09 Februari 2020, 18:00 WIB

PPK Kemayoran Targetkan Banjir Underpass Timur Surut Senin Sore

mediaindonesia.com | Megapolitan
PPK Kemayoran Targetkan Banjir Underpass Timur Surut Senin Sore

MI/M Soleh
PPK Kemayoran akan mendapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh, jika Formula E diselenggarakan di Kawasan Kemayoran.

 

DIREKTUR Utama (Dirut) Pusat Pengelola Kompleks (PPK) Kemayoran, Medi Kristianto  menjelaskan bahwa saat pihaknya memiliki 20 pompa dan sekitar 100 personel dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  DKI, Komando Armada  (Koarmad)1 TNI AL dan PPK Kemayoran siap mengeringkan banjir di underpass timur.

Untuk mengeringkan banjir, PPK Kemayoran menargetkan banjir dapat kering pada Senin (10/2) sore."Kita harapkan besok sore sudah kering. Semoga tidak terjadi hujan lebat malam ini," kata Medi di Jakarta, Minggu (9/2).

Medi menambahkan PPK Kemayoran bersama Kementerian PUPR telah merumuskan upaya jangka pendek, menengah, dan panjang agar tidak terjadi banjir kembali di Underpass Timur jika terjadi hujan lebat.

Upaya Jangka Pendek antara lain. PPK Kemayoran melakukan normalisasi drainase dengan mengerahkan 100 tenaga kebersihan yang dibantu personel dan mesin alat berat dari Pemerintah Kota Jakarta Utara dan Pusat pada Jumat (7/2).

Medi menjelaskan PPK Kemayoran melakukan pengecekan semua hunian di sekitar underpass timur terkait sistem penanmpungan dan pembuangan airnya.

Dalam minggu depan akan dimulai peninjauan kembali sustem dan kapasitas drainase Kemayoran yang dialkukan Puslitbang Air Kementerian PUPR dan pengerukan danau, rawa di Utan Kemayoran yang dilakukan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR guna meningkatkan daya tampung air saat hujan.

Dalam jangka menengah dan panjang, PPK Kemayran akan membangun rumah pompa, kolam penampung air, dan pompa di lokasi yang telah ditentukan.

"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kementerian PUPR, pemerintah DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Pemadam Kebakaran, Sub Dinas Sumber Daya Iar, Sub Dinas Kehutanan dan  Lingkungan Hidup dan  rekan-rekan dari tim PPK Kemayoran yang telah bahu-membahu melakukan pengeringan underpass timur,"  papar Medi.

Siap jadi lokasi ajang balap Formula E

Terkait  rencana kemungkinan penyelenggaraan ajang balap mobil Formula E di Kawasan Kemayoran, Dirut PPK Kemayoran mengatakan,"Kami, Pengelola Kawasan Kemayoran dengan senang hati siap dan bahkan menawarkan kepada penyelenggara Formula E untuk menggunakan Kawasan Kemayoran dalam event tersebut."

Menurut Medi, PPK Kemayoran akan mendapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh, jika Formula E diselenggarakan di Kawasan Kemayoran.

"Pertama, trek Formula E dapat dibuat lebih permanen, tanpa harus bongkar pasang. Kedua, pilihan lintasannya juga lebih banyak, bervariatif dan panjang," jelas Medi.

Selain itu, ia mengatakan ketiga, jika dilaksanakan di Kawasan Kemayoran, ajang balap Formula E tidak akan membuat kemacetan lalu linas di Jakarta.

Medi berharap kepada penghuni dan masyarakat luas yang mengakses Kawasan Kemayoran agar selalu menjaga kebersihan dengan selalu membuang sampah di tempat-temat yang telah ditentukan. (OL-09)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More