Senin 10 Februari 2020, 01:00 WIB

PTPN V Dorong Petani Sawit Olah Limbah Jadi Arang Briket

Ant/E-2 | Ekonomi
PTPN V Dorong Petani Sawit Olah Limbah Jadi Arang Briket

ANTARA/FB Anggoro
Program revitalisasi sawit di kebun plasma PTPN V di Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

 

PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) sebagai BUMN di sektor kelapa sawit mendorong pemanfaatan limbah sawit menjadi arang briket sebagai sumber energi alternatif terbarukan.

Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa dalam keterangan tertulisnya mengatakan perseroan mengapresiasi inisiatif para petani dan sejumlah pihak yang membuat terobosan baru dalam pemanfaatan tandan kosong menjadi arang briket.

“Pemanfaatan tandan kosong menjadi arang briket yang dilakukan petani sawit bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk keperluan rumah tangga serta bagian dari upaya mengurangi limbah sawit. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani sawit, terutama petani plasma perusahaan,” ucap Jatmiko saat membuka acara pelatihan pembuatan arang briket yang berasal dari tandan kosong kelapa sawit, Sabtu (8/2), di Kantor Pusat PTPN V, Pekanbaru.

Pelatihan itu diikuti 100 petani kelapa sawit dari beberapa provinsi di Sumatra.

Selama ini, pemanfaatan tandan kosong baru sebatas menjadi pupuk kompos. Melalui pelatihan tersebut, petani sawit binaan PTPN V diharapkan dapat segera membuat arang briket yang memiliki harga jual lebih baik. Dengan demikian, petani sawit bisa mendapatkan nilai tambah yang bermanfaat, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan.

PTPN V juga akan bermitra dengan berbagai pihak dalam peremajaan kebun sawit plasma seluas 16.000 hektare. Peremajaan tersebut akan dilakukan selama empat tahun mendatang.

Pelaksana Tugas Asisten Deputi Perkebunan dan Hortikultura Kemenko Perekonomian, M Syaifullah, yang turut menghadiri pelatih­an tersebut, meminta pelaku industri sawit lain­nya juga membuat program kemitraan serupa.

“Untuk mengembangkan kapabilitas dan meningkatkan kesejahteraan smallholders, saya sarankan dilakukan melalui pola ­kemitraan. Kami berharap PTPN V dapat menjadi ujung tombak dalam kemitraan dengan petani sa­wit,” tukasnya. (Ant/E-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More