Minggu 09 Februari 2020, 21:18 WIB

Kementan Guyur Cabai dan Bawang Putih ke 22 Pasar

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Kementan Guyur Cabai dan Bawang Putih ke 22 Pasar

MI/Andry Widyanto
Petugas bersiap menggelar cabai dan bawang putih murah di Toko Tani Indonesia Center, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/202.

 

Kementerian Pertanian memasok bawang putih dan cabai ke 22 pasar di wilayah DKI Jakarta untuk mengendalikan harga dua komoditas tersebut di Ibukota.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengungkapkan, naiknya harga bawang putih dan cabai sebagian besar disebabkan oleh faktor cuaca. Harga cabai sempat menyentuh Rp90.000 ribu per kilo dan bawang putih mencapai Rp68.300 per kilo.

Untuk itu, melalui operasi pasar yang dilakukan, pemerintah berharap harga dua komoditas tersebut dapat terjaga. "Itu tugas kita, Kementan bersama-sama dengan food station adalah mengamankan pasokan dan harga," kata Agung dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (9/2).

Dalam operasi pasar kali ini, Kementerian Pertanian menggulirkan 10 ton cabai merah, sedangkan 20 ton bawang putih dipasok oleh food station. Dengan begitu, kata Agung, membuktikan kehadiran pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan rakyat.

Melalui operasi pasar itu, harga bawang putih akan turun menjadi Rp30.000 ribu per kilo dan cabai merah di kisaran Rp70.000 hingga Rp80.000 per kilonya. Cabai didatangkan Kementan dari Kalimantan Selatan dan Sumatera Barat.

"20 ton (bawang putih) kita gulir ke pasar dengan harga Rp30.000. Ini jauh di bawah dari harga yang berlaku sekarang. Harga cabai rawit merah di DKI sebelumnya mendekati Rp100.000, namun setelah 3 hari kita intervensi harga cabai bisa turun mencapai Rp.70.000 - Rp.80.000 itu di retail," ucap Agung.

Kementan, imbuh Agung, akan mengupayakan menjaga harga bahan pokok lainnya tidak melebihi dari Rp50.000 per kilo di musim hujan.

"Pesan Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo) jangan berhenti sampai harga stabil di angka Rp50.000. Tapi tentu saya yakin dengan teman-teman sekalian pasar jaya, food Station, Ketahanan Pangan apalagi Komite II DPD RI, Kadin juga, saya yakin kita bisa selesaikan ini," pungkas Agung.

Kementan turut menggandeng pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Komite II DPD Jakrta dalam operasi pasar kali ini. Sedangkan 22 pasar yang mendapat pasokan bawang putih dan cabai merah antara lain Pasar Pulo Gadung, Pasar Johar Baru, Pasar Tebet Barat, Pasar Koja baru, Pasar Petojo Ilir.

Kemudian Pasar Gondangdia, Pasar Pondok Labu, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Kelapa Gading, Pasar Cijantung, Pasar Kramat jati, Pasar Minggu, Pasar Kebayoran lama, Pasar Tomang Barat, Pasar Palmerah, Pasar Glodok, Pasar Jatinegara, Pasar Klender SS, Pasar Senen, Pasar Tanah Abang, Pasar Anyer Bahari, dan Pasar Metro Atom. (E-3)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More