Minggu 09 Februari 2020, 18:23 WIB

Calon Kepala Daerah Harus Pancasilais dan bukan Intoleran

Bayu Anggoro | Nusantara
Calon Kepala Daerah Harus Pancasilais dan bukan Intoleran

MI/Anggoro
Ketua dpd pdip jawa barat ono surono di bandung minggu (9/2)

 

MASIH banyaknya pendukung gerakan intoleran dan cenderung di Tanah Air membuat partai politik harus berhati-hati dalam memilih calon kepala daerah yang akan mereka dukung dalam Pilkada.  Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono.

Menurutnya, pendalaman terhadap calon kepala daerah harus dilakukan terutama terhadap beberapa hal substantif. Kandidat yang akan diusung harus memiliki pemahaman ideologi Pancasila yang baik, serta miliki upaya untuk menghapus gerakan intoleransi dan radikalisme.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Pilkada di 270 Daerah Lancar

"Visi dan misi calon kepala daerah yang diusung akan disiapkan oleh partai. Agar fokus terhadap lima prioritas kesejahteraan rakyat," kata Ono seusai Rapat Kerja Daerah I PDIP Jawa Barat, i Bandung, Jawa Barat (9/2).

Lima prioritas itu adalah papan, pangan, sandang, pendidikan serta kesehatan, lapangan kerja serta jaminan sosial, dan mental serta rohani.

"Kita juga melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Selain itu, kita pun telah mengundang seluruh bakal calon kepala daerah untuk melakukan pendalaman," katanya.

Nantinya, lanjut dia, penjajakan pun akan dilakukan terhadap partai politik yang akan menjadi mitra koalisinya. "Sekarang pun kita tengah melakukan penjajakan terhadap calon pendampingnya (wakil bupati). Setelah seluruhnya rampung, akan kita sampaikan kepada DPP, termasuk koalisinya," kata dia.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, lanjtu Onon, siap menyongsong Pilkada serentak 2020 di Jawa Barat. Untuk memenangi kontestasi, partai berlambang banteng moncong putih itu pun menguatkan pada calon kepala daerah yang bakal diusung di delapan daerah yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

Ono Surono mengatakan, pihaknya akan mengumumkan seluruh pasangan calon pada Maret mendatang. Saat ini, baru tiga calon kepala daerah yang dipastikan akan diusung oleh partai tersebut.

"Pak Jeje untuk (calon bupati) Pangandaran, Tasik Ade Sugianto, Cianjur Herman Suherman," kata Ono. Pada acara itu pun menurutnya dibahas strategi  pemenangan pilkada di sejumlah wilayah tersebut. (BY/A-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More