Sabtu 08 Februari 2020, 16:05 WIB

Wabah DBD Hampir Merata di NTT

Palce Amalo | Nusantara
Wabah DBD Hampir Merata di NTT

MI/Palce Amalo
Pasien Penderita DBD

 

WABAH Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah menyebar di 21 dari 22 kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (8/2).

Kepala Dinas Kesehatan NTT dokter Dominikus Minggu Mere mengatakan korban DBD telah mencapai 1.096 orang dan korban meninggal sebanyak 13 orang.

Dari 21 kabupaten tersebut, tiga kabupaten telah mengumumkan status kejadian luar biasa (KLB) karena adanya peningkatan kasus dan korban meninggal, serta jumlah korban meningkat dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Sudah tiga kabupaten KLB DBD yaitu Sikka, Alor, dan Lembata," kata dokter Dominikus Minggu Mere kepada wartawan.

Setelah mengumumkan status KLB, Dinas Kesehatan NTT langsung mengirim bantuan tim dokter ke tiga daerah itu yakni dokter ahli anak, dokter ahli patologi klinis dan dokter ahli penyakit dalam, serta abate, plasma darah, dan fogging (pengasapan).

Sedangkan pihak kabupaten telah mengerahkan seluruh organisasi perangkat daerah untuk bersama-sama memerangi DBD dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Sampai Sabtu siang, korban DBD di Sikka telah mencapai 433 orang dengan 4 korban meninggal, Lembata 107 korban dengan satu korban meninggal, serta Alor 98 korban dan dua korban meninggal.

Peningkatan kasus DBD juga terjadi di Kota Kupang sebanyak 193 orang dengan tiga korban meninggal, namun belum ditetapkan KLB. "Untuk Kota Kupang, hari ini digelar rapat koordinasi dengan seluruh stakeholder untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan penatalaksanaan kasus," katanya. (OL-12)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More