Sabtu 08 Februari 2020, 15:50 WIB

Dishub NTT Memproses Sertifikasi Lahan untuk Bandara

Retno Hemawati | Nusantara
Dishub NTT Memproses Sertifikasi Lahan untuk Bandara

ANTARA
Proses pembangunan bandara baru

 

KEPALA Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Isyak Nuka mengemukakan pihaknya sedang memproses penyerahan sertifikasi lahan untuk pembangunan bandara baru di Kabupaten Sabu Raijua ke Pemerintah Pusat.

“Kami sekarang lagi proses untuk penyerahan sertifikat dari Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua ke Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan karena pembebasan lahan sudah tuntas,” katanya di Kupang, Sabtu.

Dia mengemukakan hal itu terkait proses dan kesiapan lahan untuk rencana pembangunan bandara baru di wilayah Seba, Kabupaten Sabu Raijua. Pihaknya menargetkan urusan sertifikasi lahan tersebut dapat tuntas pada 2020 ini sehingga bandara baru bisa dibangun pada 2021. “Paling tidak 2020 ini proses untuk lahan selesai sehingga sudah bisa dianggarkan oleh pemerintah pusat,” katanya.

Isyak mengatakan telah berkoordinasi dengan Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke terkait persiapan lahan untuk bandara baru.

Pemerintah kabupaten, lanjut dia, telah menyiapkan lahan dengan panjang 3.000 meter dan lebar 500 meter. “Pemerintah Sabu Raijua juga sudah membangun jalan inspeksi keliling untuk lahan sehingga kami minta langsung diikuti dengan penyerahan sertifikat tanah,” katanya.

Dia menjelaskan, terkait kapasitas bandara baru tersebut ditargetkan bisa disinggahi pesawat jenis ATR. Menurut dia, kehadiran bandara baru memiliki arti penting bagi pemerintah dan masyarakat di Sabu Raijua terutama untuk membuka keterisolasian wilayah setempat.

Selama ini, lanjut dia, akses transportasi udara dari dan ke Sabu Raijua hanya dilayani pesawat kecil seperti Susi Air serta Dimonim Air yang resmi beroperasi beberapa hari lalu. “Karena itu memang butuh hadirnya bandara yang lebih besar dari Bandara Tardamu yang beroperasi saat ini dan pemerintah pusat siap mendukung yang penting lahan di daerah dipastikan siap,” katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok DPW NasDem Kalteng

NasDem Kalteng Perkenalkan Paslon Sugianto-Edy

👤Surya Sriyanti 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 07:07 WIB
Sembari melihat kebun warga, NasDem Kalteng juga menyampaikan bahwa paslon nomor urut 2 ini memiliki kekuatan pendukung 33 kursi dari 45...
MI/Hijrah Ibrahim

Langgar Netralitas, 98 ASN di Malut Diadukan ke KASN

👤Hijrah Ibrahim 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:36 WIB
Dari 98 ASN yang terbukti melanggar netralitas pilkada itu, terbanyak berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula disusul Halmahera Timur,...
MI/Arnoldus Dhae

Wamen LHK Beri Nama Buaya yang Lahir di Bali Safari Park

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 05:49 WIB
Buaya Sinyulong dikategorikan rentan atau vulnerable dalam daftar merah IUCN karena populasinya kurang dari 2.500 individu dan terus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya