Sabtu 08 Februari 2020, 15:20 WIB

Siang Ini, Status Pintu Air Manggarai dan Karet Siaga 2

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Siang Ini, Status Pintu Air Manggarai dan Karet Siaga 2

Antara
Ketinggian muka air di pintu air Manggarai.

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut ketinggian air di Pintu Air (PA) Manggarai dan Karet masih berstatus siaga 2. Sebelumnya, Pintu Air Karet berstatus siaga 1 akibat curah hujan tinggi mengguyur Ibu kota sejak dinihari.

"Ketinggian air di PA Manggarai tercatat sebesar 870 cm, sedangkan ketinggia air di PA Karet adalah 580 cm," kata Kepala BPBD DKI Jakarta, Subejo dari keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (8/2).

Ketinggian air di Pintu Air Angke Hulu dan Pasar Ikan berstatus waspada atau siaga 3.

Ketinggian air di PA Angke Hulu ialah 160 cm dan ketinggian air di PA Pasar Ikan 199 cm.

Untuk ketinggian air di PA Cipinang Hulu ialah 135 cm, di PA Sunter Hulu dengan 140 cm dan ketinggian air di PA Pulo Gadung mencapai 510 cm.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pintu Air (PA) Manggarai. Ia mengatakan sejak pagi ketinggian air di PA Manggarai mencapai 940 cm atau siaga 2. Namun, katanya, saat ini ketinggian air tersebut sudah turun menjadi 880 cm.

"Jadi, kita sedang menunggu air untuk makin surut. Semua pintu air dikendalikan di sini semua, ada command center yang memonitor pintu pintu air menggunakan CCTV. Sehingga, kita bisa mengetahui dari Manggarai kondisi ketinggian tiap tiap pintu air lewat tempat ini," kata Anies.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebut sejak Jumat (7/2) sore pihaknya menyiagakan semua jajaran untuk membersihkan sampah di Pintu Air Manggarai.

Sampah kiriman itu merupakan imbas dari hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kenaikan debit air ini turut membawa sampah kiriman ke Jakarta.

"Pada pukul 3 pagi, alat berat mulai bekerja menindahkan debris dari badan sungai ke truk-truk. Pukul 12:00 wib pengangkutan sampah dari emplasemen Pintu Air Manggarai tuntas dan berhasil diangkut sebanyak 829 meter kubik sampah," kata Kepala Dinas LH DKI Andono Warih. (OL-13)

Berita Terkini

Read More

Top Tags

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More