Sabtu 08 Februari 2020, 08:38 WIB

Korban Jiwa Virus Korona Melampaui SARS

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Korban Jiwa Virus Korona Melampaui SARS

AFP
Suasana jembatan Shenzhen Bay Hong Kong, Sabtu (8/2/2020). Biasanya jembatan ini dipadati kendaraan. Sejak wabah korona Hong Kong sepi.

 

JUMLAH kematian akibat epidemi virus korona baru Tiongkok melonjak menjadi 717 jiwa pada Sabtu (8/2). Jumlah itu melampaui korban wabah SARS di seluruh daratan Negeri Tirai Bambu dan Hong Kong hampir dua dekade lalu. Saat itu wabah SARS telah menyebabkan 650 orang meninggal dunia.

Sebanyak 81 orang lainnya meninggal akibat virus misterius tersebut di Provinsi Hubei, tempat penyakit itu muncul pada Desember. Demikian laporan komisi kesehatan regional.

Namun, secara global korban SARS, penyakit dalam keluarga yang sama dengan virus korona baru, masih lebih tinggi dengan 770 kematian.

Dalam laporan hariannya, Komisi Kesehatan Hubei juga mengkonfirmasi 2.841 kasus baru di provinsi tersebut. Jumlah total infeksi di negara Tiongkok sekarang sekitar 34.002 orang.

Tiongkok telah berjuang untuk membendung laju dan penyebaran virus saat ini. Dan telah mengisolasi sekitar 56 juta orang di Hubei dan ibu kota provinsi, Wuhan. Kota-kota lain yang jauh dari pusat wabah juga telah mengambil langkah-langkah yang membatasi aktivitas luar ruangan. Otoritas memerintahkan warga untuk tinggal dalam ruangan, membatasi jumlah orang yang dapat meninggalkan rumah mereka.

baca juga: 78 WNI Awak Kapal Pesiar di Jepang Tidak Terinfeksi Korona

Virus koron baru telah menyebar ke dua lusin negara, mendorong beberapa pemerintah untuk melarang kedatangan orang dari Tiongkok dan mendesak warganya untuk menghindari bepergian ke negara itu. Beberapa negara merekomendasikan warganya untuk meninggalkan Negeri Panda tersebut. (AFP/CNA)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More