Jumat 07 Februari 2020, 19:25 WIB

BNI Dukung UMKM Produsen Kain Sasirangan di Kalsel

mediaindonesia.com | Ekonomi
BNI Dukung UMKM Produsen Kain Sasirangan di Kalsel

Istimewa/BNI
Menkop dan UMKM Tenten Masduki melakukan kunjungan ke ke Galeri Sasirangan Bordir NDF.

 

FOTO: Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Teten Masduki (kedua kiri) menyimak penjelasan Pemimpin  Bidang Pemasaran Bisnis BNI Cabang Banjarbaru M Amin Darojat (Paling kiri) terkait dukungan perbankan terhadap pelaku usaha kecil dan mikro, disaksikan Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Ketenagakerjaan Banjarbaru Muhammad Rustam (Kanan) serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan Gustafa Yandi (Kedua Kanan).

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

MENTERI Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki melakukan kunjungan ke Galeri Sasirangan Bordir NDF di Desa Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (7/2).

Dalam kunjungan tersebut, Menkop UMKM didampingi menyimak penjelasan Pemimpin Bidang Pemasaran Bisnis BNI Cabang Banjarbaru M Amin Darojat. Kahadiran wakil dari Bank BNI terkait dukungan perbankan terhadap pelaku usaha kecil dan mikro.

FOTO Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (kiri) bersama Pengrajin Sasirangan Bordir merk NDF Nisa Aridho (kanan)  menunjukkan kain sasirangan khas asal Desa Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (7 Februari 2020).

Saat kunjungan ke Kalsel, selain berdialog pengrajin, Teten Masduki berdialog dengan Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Ketenagakerjaan Banjarbaru Muhammad Rustam dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan Gustafa Yandi. 

Sebagaiman dijelaskan Muhammad Rustam bahwa Sasirangan Bordir NDF berhasil tumbuh dengan dukungan berbagai pihak termasuk dari pemerintah daerah.

FOTO : Pengrajin Sasirangan Bordir tengah melepas benang dalam proses pembuatan kain khas Kalimantan Selatan ini.  Aktivitas ini berlangsung di galeri NDF Sasirangan Desa Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020).

Tak hanya itu, Pemda Kabupaten Banjarbaru juga turut membudayakan pemakaian Sasirangan sebagai pakaian dinas. Dengan membudayakan penggunaan Sasirangan, permintaan kain Sasrangan pun meningkat pesat dan pengusaha Sasirangan membutuhkan dana tambaha.

Untuk mendukung UMKM yang bergerak memproduksi Sasirangan, BNI memberi bantuan pembiayaan dengan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada Galeri Sasirangan Bordir NDF. (OL-09)  

FOTO : NDF Sasirangan merupakan salah satu mitra binaan BNI yang sukses mengembangkan kain sasirangan dengan aplikasi bordir, sesuatu yang membedakan sasirangan Banjarbaru ini dengan sasirangan lain di Kalimantan Selatan.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More