Jumat 07 Februari 2020, 22:24 WIB

Pejalan Kaki Minta Anies Tertibkan PKL di Trotoar Tanah Abang

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Megapolitan
Pejalan Kaki Minta Anies Tertibkan PKL di Trotoar Tanah Abang

MI/ Suryani Wandari Putri Pertiwi
PKL yang berdagang di atas trotoar Tanag Abang

 

KEBERADAAN ratusan Pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dirasa mengganggu kenyamanan pejalan kaki yang melintas.

Pasalnya, ruang bagi pejalan kaki yang tadinya lebar, termakan oleh barang dagangan PKL didua sisi, sehingga dibagian tertentu pejalan kaki harus bergantian melewati jalan. "Jelas terganggu. Buat pejalan kaki malah dipakai jualan. Ini sih salah kalau menurut saya," kata Daskani, 35, pengguna trotoar ketika diwawancarai Jumat (7/2).

Ia menyesalkan fasilitas trotoar yang sudah ada dan diperbagus dengan guiding block atau bentuk penunjuk arah bagi pejalan kaki dengan disabilitas menjadi tidak ada fungsinya. "Kalau dari dulu dibikin buat berjalan kaki, kenapa kok dibiarkan berjualan disitu? Kalau sekarang buat jualan, enggak usah dibiin saja tuh trotor," lanjutnya.

Menurutnya, seharusnya pemerintah bisa lebih tegas memindahkan para PKL yang menjamur di trotoar sepanjang Jalan Jatibaru hingga blok G ke Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Skybridge atau di Blok F lantai 7 yang memang dikhususkan untuk para PKL.

Daskani kemudian menambahkan, ia tak dapat menerima jika memang alasan tak mau dipindahkan karena tak laku lantaran jarang dilalui pengunjung. "Mau jualan di lobang tikus juga kalau reekinya ada disitu juga dapet, enggak perlu (jualan) disitu (trotoar)," katanya.

Ia melanjutkan, pihak Satpol PP harusnya bisa mengamankan PKL dan berharap agar trotoar yang menjadi hak pejalan kaki ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Polda Metro Gelar Simulasi Karantina Tanpa Tutup Jalan

👤Tri Subarkah 🕔Senin 30 Maret 2020, 15:00 WIB
"Berdasarkan kebijakan pemerintah, polisi harus siap. Makanya kita akan laksanakan kegiatan pelatihan simulasi dalam rangka pengamanan...
MI/RAMDANI

​​​​​​​Polri Terus Godok Simulasi Karantina Wilayah Jakarta

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:51 WIB
Polisi tidak bisa melakukan penutupan jalan secara sepihak. Maka, pihak Polri akan menanti kebijakan pemerintah pusat terkait ketetapan...
Dok.MI

Polisi Tangkap Pembuat Video Hoaks Kalimalang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:45 WIB
Polres Jakarta Timur menangkap seorang pria berinisial HR, yang membuat sekaligus menyebarkan video hoaks lockdown di Cipinang Melayu dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya