Jumat 07 Februari 2020, 22:24 WIB

Pejalan Kaki Minta Anies Tertibkan PKL di Trotoar Tanah Abang

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Megapolitan
Pejalan Kaki Minta Anies Tertibkan PKL di Trotoar Tanah Abang

MI/ Suryani Wandari Putri Pertiwi
PKL yang berdagang di atas trotoar Tanag Abang

 

KEBERADAAN ratusan Pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dirasa mengganggu kenyamanan pejalan kaki yang melintas.

Pasalnya, ruang bagi pejalan kaki yang tadinya lebar, termakan oleh barang dagangan PKL didua sisi, sehingga dibagian tertentu pejalan kaki harus bergantian melewati jalan. "Jelas terganggu. Buat pejalan kaki malah dipakai jualan. Ini sih salah kalau menurut saya," kata Daskani, 35, pengguna trotoar ketika diwawancarai Jumat (7/2).

Ia menyesalkan fasilitas trotoar yang sudah ada dan diperbagus dengan guiding block atau bentuk penunjuk arah bagi pejalan kaki dengan disabilitas menjadi tidak ada fungsinya. "Kalau dari dulu dibikin buat berjalan kaki, kenapa kok dibiarkan berjualan disitu? Kalau sekarang buat jualan, enggak usah dibiin saja tuh trotor," lanjutnya.

Menurutnya, seharusnya pemerintah bisa lebih tegas memindahkan para PKL yang menjamur di trotoar sepanjang Jalan Jatibaru hingga blok G ke Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Skybridge atau di Blok F lantai 7 yang memang dikhususkan untuk para PKL.

Daskani kemudian menambahkan, ia tak dapat menerima jika memang alasan tak mau dipindahkan karena tak laku lantaran jarang dilalui pengunjung. "Mau jualan di lobang tikus juga kalau reekinya ada disitu juga dapet, enggak perlu (jualan) disitu (trotoar)," katanya.

Ia melanjutkan, pihak Satpol PP harusnya bisa mengamankan PKL dan berharap agar trotoar yang menjadi hak pejalan kaki ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Ramdani

Anies: Pandemi, Satu Juta Orang di Jakarta Bekerja dari Rumah

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:47 WIB
Orang-orang sekarang bebas bersepeda di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kadang berangkat kerja dengan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PSBB Transisi, Taman Margasatwa Ragunan Masih Sepi Pengunjung

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:48 WIB
Di hari Sabtu pekan lalu jumlah orang yang datang berada di kisaran 800 pengunjung dan Minggu pekan lalu mencapai 1.500...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Anies: Covid -19 Justru Membuka Peluang Dunia Digital

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 15:53 WIB
Pandemi justru membuat kegiatan masyarakat lebih leluasa lantaran kegiatan dilakukan secara daring, masyarakat lebih bebas memilih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya