Sabtu 08 Februari 2020, 05:00 WIB

Hari Pers Nasional Jadi Momentum Peduli Lingkungan

(RO/H-2) | Humaniora
Hari Pers Nasional Jadi Momentum Peduli Lingkungan

(ANTARA/Latif Tohir)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar secara langsung meninjau lokasi Hutan Pers Taman Spesies Endemik

 

AKSI penanaman pohon pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan pada Sabtu (8/2), ialah bentuk dukungan jurnalis untuk melestarikan lingkungan. Penanaman pohon itu dijadwalkan akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selain penanaman pohon, Presiden Jokowi juga akan melakukan penandatanganan prasasti Penanaman Pohon Raksasa di Hutan Pers Taman Species Endemik Indonesia dan penandatanganan prasasti Taman Hujan Tropis Dunia.

Ketua Pelaksana HPN 2020, Auri Jaya, menyampaikan seluruh agenda hijau tersebut akan berada di bawah bimbingan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

"Kami gelorakan semangat pers cinta lingkungan dari Kalsel sebagai pintu gerbang ibu kota negara baru karena di sini adalah provinsi penyangga utama. Kami mendapat dukungan dari KLHK untuk mewujudkan hal tersebut,'' kata Auri saat meninjau lokasi acara penanaman pohon, kemarin.

Menteri Siti Nurbaya mengaku sangat mendukung acara yang digagas Panitia HPN 2020 itu. Saat ini, Kalsel termasuk provinsi terbaik yang melakukan penghijauan.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan PWI ikut mendukung program penghijauan yang dilakukan pemerintah,'' ujar Siti Nurbaya.

Penanaman pohon akan dilakukan di hutan kota kompleks Pemprov Kalsel seluas 90 hektare. Lokasi ini akan menjadi miniatur hutan hujan tropis.

Presiden diagendakan akan menanam pohon mersawa (anisoptera marginata korth) setinggi 15 meter yang merupakan tanaman langka khas Kalimantan. Jenis tanaman ini biasa dimanfaatkan masyarakat lokal untuk membuat perahu atau rumah.

Sebanyak 84 jenis tanaman endemik, dengan jumlah 289 pohon endemik, telah disediakan KLHK untuk keperluan tersebut. Para pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tingkat daerah juga telah diminta membawa bibit pohon khas daerah masing-masing.

Peringatan HPN 2020 dihadiri sekitar 2.000 jurnalis, menteri, kepala lembaga, duta besar, dan perwakilan kelompok masyarakat penerima Kebun Bibit Desa. (RO/H-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More