Jumat 07 Februari 2020, 20:46 WIB

PBSI Antisipasi Wabah Korona di Filipina

Rahmatul Fajri | Olahraga
PBSI Antisipasi Wabah Korona di Filipina

Antara
Sekjen PBSI Achmad Budiharto

SEKJEN Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto mengatakan pihaknya telah melakukan antisipasi wabah korona jelang keberangkatan ke Manila pada Sabtu (8/2).

Seperti diketahui, Indonesia akan terjun di Asia Team Championships 2020 di Manila, Filipina, dari 11 hingga 16 Februari mendatang.

Budiharto mengatakan pihaknya telah memastikan tubuh atlet dalam kondisi bugar. Lalu, pihaknya memberikan edukasi mengenai penularan virus dan memberikan masker kepada para atlet dan tim ofisial selama di Manila nantinya.

Selain itu, ia meminta para atlet membatasi kontak langsung dengan barang-barang yang dicurigai bisa menjadi medium penularan virus. Jika berada di tempat umum pun harus sering mencuci tangan di air yang mengalir.

"Kami memberikan edukasi juga. Tapi, rasanya mereka sudah paham juga. Makanya, selama masih dalam batasan yang cukup aman, kami akan izinkan," kata Budiharto, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (7/2).

Di samping pihaknya telah mengantisipasi jelang keberangkatan ke Filipina, Budiharto menjelaskan jaminan kesehatan atlet selama turnamen merupakan tugas utama dari tuan rumah. Ia berharap tuan rumah mampu memastikan venue bebas dari virus korona, sehingga kesehatan para atlet tetap terjaga.

"Tapi utamanya pasti tugas tuan rumah sebagai penyelenggara. Kemudian BAC (Badminton Asia Confederation) juga lagi memikirkan, karena concern utamanya adalah menjaga keselamatan dan kesehatan para atlet yang bertanding," kata Budiharto.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto mengatakan, telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila untuk mengetahui kondisi terakhir. Ia mengatakan pihak Filipina telah memberlakukan pengamanan yang ketat untuk mencegah merebaknya virus korona.

"Saya juga sudah call KBRI di Manila. Pengamanan pencegahan sangat ketat dr pihak Filipina," kata Gatot. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More