Jumat 07 Februari 2020, 20:22 WIB

Meskipun Tak Direstui PDIP, Gerindra Siap Usung Gibran

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Meskipun Tak Direstui PDIP, Gerindra Siap Usung Gibran

MI/widjajadi
Putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka

 

PARTAI Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menegaskan sosok putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sangat ideal memimpin Surakarta lima tahun ke depan. Gagasan-gagasan segar dan progresif yang selama ini dirindukan masyarakat Solo bisa terlahir dari pria yang akrab disapa Gibran itu.

Aspirasi di internal Partai Gerindra DPC Solo sudah bulat memberikan dukungan kepada Gibran maju di Pilkada Serentak 2020. Sekalipun PDIP selaku partai yang menjadi pelabuhan politik Gibran tak memberi restu, Gerindra Siap mencalonakannya.

"Kami siap mengusung Mas Gibran maju di Pilwakot Surakarta sekalipun nanti PDIP tidak memberi restu. Namun sejauh ini kami masih menunggu dan menghormati PDIP yang tengah menggodok keputusan itu," kata Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno kepada Media Indonesia, Jumat (7/2).

Baca juga: Demokrat dan Gerindra Dukung Gibran Dalam Pilwakot Solo 2020

Menurut dia, DPC Gerindra Solo telah berkomunikasi dengan DPP Gerindra Jawa Tengah terkait dukungan terhadap Gibran. Tanggapannya sejalan dan menghendai kriteria yang dimiliki Gibran untuk memimpin Surakarta lima tahun ke depan.

"Bahkan Ketua DPD Jawa Tengah saat perayaan HUT Gerindra kemarin telah menyampaikan aspirai itu kepada Ketua Umum (Prabowo Subianto) dan tanggapannya pun positif. Tinggal menunggu keputusan legal berupa SK (Surat Keputusan) DPP," paparnya.

Menurut dia, Gerindra besar kemungkinan akan tetap mengusung Gibran di Pemilihan Walikota Surakarta meskipun PDIP tidak merestuinya. "Kami pun telah berkomunikasi dengan PKS, Golkar dan Demokrat, partai-partai yang ada di Solo. Sejauh ini PKS dan Golkar sependapat dengan Gerindra soal dukungan terhadap Mas Gibran," ujarnya.

Ia menyatakan alasan utama dari langkah politik tersebut karena menginginkan pembangunan yang masif di Kota Surakarta. "Kami sadar Solo sudah ketinggalan dari sisi pembangunan dengan daerah lain. Maka kami menilai sosok muda dengan pemikiran segar dari Mas Gibran tepat untuk menjadi pemimpin di Solo, itu landasan dari langkah politik Gerindra khususnya DPC Solo," pungkasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More