Jumat 07 Februari 2020, 19:25 WIB

Pengaspalan untuk Lintasan Formula E Dikerjakan April

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pengaspalan untuk Lintasan Formula E Dikerjakan April

MI/INSI NANTIKA JELITA
Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta, Hari Nugroho, saat ditanyai wartawan.

 

KEPALA Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan pihaknya hanya membutuhkan satu malam untuk melapisi aspal pada jalan yang akan dijadikan sirkuit Formula E.

Dihubungi Media Indonesia, Jumat (7/2), Hari menyebut pengaspalan tersebut tidak berbeda jauh dengan pemeliharaan jalan yang rutin dilakukan oleh Dinas Bina Marga.

Baca juga: Formula E Pertimbangkan Lokasi Baru untuk Area Balapan di Jakarta

Formula E Operation (FEO), wadah organisasi untuk balap mobil bertenaga listrik itu pun menstandarkan perbaikan jalan dilakukan paling lambat dua bulan sebelum penyelenggaraan pada Juni mendatang atau paling lambat pada April.

"Kita kan ketika memperbaiki jalan malam hari. Ya, besok paginya sudah selesai. Dari mereka mintanya minimal dua bulan sebelum balapan, itu kan udah di-layer jalannya," kata Hari.

Di sisi lain, rekayasa lalu lintas akan segera dipersiapkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta setelah ditetapkannya lokasi sirkuit Formula E. Saat ini, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tengah mencari rute alternatif untuk dijadikan sirkuit setelah pilihan pertama yang mencakup area Monumen Nasional (Monas) dilarang oleh pemerintah pusat karena dikhawatirkan mengganggu bangunan cagar budaya itu.

Hari menerangkan tidak ada penutupan jalan setelah jalan dilapisi aspal standar Formula E. Hanya saja, ia melarang kendaraan berat untuk melintas.

Baca juga: Alternatif Sirkuit Formula E, Jakpro: Sulit Untuk Lepaskan Monas

"Masih boleh dipakai kok. Tapi tidak boleh untuk kendaraan berat. Kendaraan kecil-kecil saja. Kendaraan besar kita siapkan pengalihan ke jalur alternatifnya bisa kok," tuturnya.

Sementara itu, penutupan total jalan akan dilakukan minimal dua hari sebelum penyelenggaraan hingga sesudah balapan selesai. Sebab, akan ada pemasangan pembatas jalan, lokasi kru official tim pembalap, hingga tribun penonton.

"Pada saat itu akan ditutup total dan hanya official yang boleh mendekat," tandasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More