Jumat 07 Februari 2020, 18:07 WIB

Dampak Virus Korona, Jumlah Turis Asing Menurun

Putri Anisa Yuliani | Ekonomi
Dampak Virus Korona, Jumlah Turis Asing Menurun

MI/ROMMY PUJIANTO
Wisatawan domestik dan asing memadati Bandara Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

 

ADANYA wabah virus korona membuat jumlah kunjungan turis asing ke Jakarta menurun. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, mengatakan dari laporan asosiasi hotel dan penginapan, terdapat pembatalan reservasi dari turis Tiongkok hingga 70-80 persen.

"Angka yang pasti belum ada. Tapi ngobrol sama teman-teman hotel, travel, cancelation-nya banyak, sekitar 70%-80%an mungkin ya," ungkap Cucu saat dihubungi, Jumat (7/2).

Baca juga: Harga Bawang Putih Naik,Mentan : Kita Ada Stok 84 Ribu Ton

Ia menyebut, penurunan jumlah turis asing khususnya Tiongkok ini tidak dapat dihindari karena negara tirai bambu tersebut telah melarang warganya keluar negeri untuk menghindari penyebaran virus.

"Kalau itu pasti secara bukan cuma di Indonesia, bukan cuma Jakarta, pasti global ada dampak ya. Apalagi kan beberapa maskapai sudah berhenti ngirim wisatawan, baik berangkat ke Tiongkok ataupun datang ke Indonesia," ungkapnya.

Jumlah turis Tiongkok yang datang ke Jakarta diketahui tiap tahunnya memang besar. Dari rata-rata jumlah kunjungan turis asing ke Jakarta sejumlah 2,4 juta pertahun, turis Tiongkok berkontribusi sebanyak 300 ribu orang.

"12,5% sumbangsihnya terhadap jumlah wisman ke Jakarta. Bukan cuma di Jakarta. Ke daerah lain pun turis Tiongkok itu rata-rata juga paling dominan karena penduduknya kan memang banyak," tukasnya.

Cucu menyebut tidak bisa berbuat banyak terhadap fenomena ini. Namun, ia menjelaskan akan menggeser sasaran promosi pariwisatanya ke arah turis domestik.

"Ya, kita coba ke turis domestik dan negara lain yang juga kuat ke Indonesia seperti negara timur tengah. Itu mereka juga banyak kok yang ke Jakarta," tambahnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist/Kementan

Kementan: Masyarakat Harus Waspada terhadap Bahaya Zoonosis

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 12 Juli 2020, 14:52 WIB
Zoonosis adalah penyakit yang dapat berpindah dari hewan ke manusia dan sekitar 75% dari penyakit menular pada manusia adalah...
Antara

IHSG Bakal Menguat Pekan Depan, Ini Sentimen-Sentimen Penentunya

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 12 Juli 2020, 14:43 WIB
Perkembangan penelitian obat dan vaksin covid-19 memberikan sentimen positif pada pasar...
MI/MOHAMAD IRFAN

Mendag Minta Pengusaha Manfaatkan Perjanjian Indonesia-Australia

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 12 Juli 2020, 14:25 WIB
IA-CEPA memiliki cakupan komitmen yang komprehensif meliputi perdagangan barang, perdagangan jasa, penanaman modal, dan kerja sama...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya