Jumat 07 Februari 2020, 17:45 WIB

Pemkab Subang Dapat Bantuan Sarana Pengolahan Ikan

Reza Sunarya | Nusantara
Pemkab Subang Dapat Bantuan Sarana Pengolahan Ikan

MI/Reza Sunarya
Bangunan Cold storage hibah dari kementrian KKP yang diterima Kabupaten subang.

 

DINAS Perikanan Kabupaten Subang, Jawa Barat kini memiliki Cold Storage (ruangan pendingin Penyimpanan Ikan), Bertempat di BBI (Balai Benih Ikan) Tanjung wangi, Subang, Jawa Barat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Subang, Rahmat Efendi mengatakan cold storage merupakan bantuan hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

"Cold storage adalah sarana ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk perikanan dengan tujuan untuk mempertahankan kesegaran ikan sehingga kualitas produk tetap terjaga." Kata Rahmat Efendi,Jumat (7/2).

Menurut Rahmat, di Kabupaten Subang terdapat kelompok pengolah pemindang dan ikan asin sebanyak 116 kelompok. Mereka terdiri pengolah ikan asin 39 kelompok dan pemindahan 77 kelompok.

"Bantuan ini membuktikan bahwa Kabupaten Subang merupakan daerah yang potensial di bidang Kelautan dan Perikanan," ujar Rahmat.

Rahmat menyebutkan, Desa Tanjung Wangi Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang merupakan lokasi yang cukup strategis. Berada di wilayah Tengah Kabupaten Subang. Sebagian besar masyarakat memiliki tambak ikan, sehingga jumlah pengolah dan pemasaran hasil perikanan di wilayah ini cukup banyak.

Tak hanya mendapat bantuan cold storage, Kementrian KKP juga memberikan bantuan paket budidaya ikan, alat tangkap ikan ramah lingkungan dan restocking di perairan umum serta penerima program bantuan premi asuransi perikanan bagi pembudidaya ikan kecil (Appik) TA. 2020.(OL-13)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More