Jumat 07 Februari 2020, 17:27 WIB

Gakkum LHK Tangkap Dua Penambang Ilegal di Babar

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Gakkum LHK Tangkap Dua Penambang Ilegal di Babar

MI/Solmi
Penambang ilegal merusak kelestarian lingkungan

 

TIM Operasi Pengamanan Hutan Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatera menangkap dua Pelaku penambang Ilegal di kawasan Hutan Taman Hutan Raya Gunung Menumbing Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Direktur Penegakan Hukum Pidana, Gakkum LHK Wilayah Sumatera. Yazid Nurhuda mengatakan, pelaku berinisial RAN, 40, dan HAN, 25, warga kelurahan Sungai Baru, Muntok, Provinsi Bangka Belitung.

Modus operandi yang dilakukan 2 penambang ini tergolong baru, yaitu dengan membendung aliran air di Gunung Menumbing. Lalu, air dialirkan ke bawah gunung dengan selang yang dibuat sedemikian rupa sehingga tekanan air menjadi lebih kuat untuk disemprotkan ke bawah batu batu gunung baru kemudian dilakukan pemisahan  antara biji timah dengan batu batu kecil.

"Modus operandi memanfaatkan tekanan air tanpa mesin ini juga sulit terlacak karena kegiatannya tidak menimbulkan suara mesin dan berpindah-pindah," katanya.

Diakuinya, kedua pelaku diamankan petugas ketika sedang melakukan aktifitas penambangan di kawasan hutan Tahura Gunung Menumbing.

"Pengakuan kedua pelaku, mereka melakukan kegiatan sejak 12 Januari 2020," ujarnya.

Kedua pelaku dijerat dengan Pasal 89 ayat (1) huruf a Jo. 17 ayat (1) huruf b Undang Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Dengan ancaman hukuman pidana  penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun serta pidana denda paling sedikit Rp 1,5 miliar dan paling banyak Rp10 miliar. (OL-13).

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More