Jumat 07 Februari 2020, 13:17 WIB

KLHK Hentikan Peragaan Lumba-Lumba Keliling

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
KLHK Hentikan Peragaan Lumba-Lumba Keliling

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiansyah
Penonton menyaksikan atraksi lumba-lumba di wahana sirkus lumba-lumba saat Perayaan Pasar Malam Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Yogyakarta

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) resmi menghentikan peragaan lumba-lumba keliling di luar lingkungan lembaga konservasi (LK) sejak Kamis (6/2). Pengumuman ini disampaikan KLHK melalui akun Instagram resmi @kementerianLHK.

Sebelumnya, KLHK telah membuat kesepakatan bersama lembaga konservasi pemegang izin peragaan keliling satwa dilindungi lumba-lumba terkait penghentian ini sejak 12 Juli 2018.

Perihal peragaan satwa lumba-lumba, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati pun telah menerbitkan surat nomor S.989/KKH/AJ/KSA.2/9/2018. Dalam surat tersebut dijelaskan, izin peragaan lumba-lumba yang berakhir masa berlakunya dan tidak dapat diperpanjang kembali adalah izin peragaan lumba-lumba di luar LK atau peragaan lumba-lumba keliling.

Baca juga: Lumba-Lumba Mati di Karawang Diduga Jenis Hidung Botol

Apabila peragaan lumba-lumba keliling dimaksud masih dilakukan setelah izin peragaan habis, maka hal tersebut melanggar ketentuan yang berlaku.

Seluruh lumba-lumba yang sebelumnya dipergunakan keliling merupakan koleksi LK yang memiliki izin sah. Lumba-lumba tersebut ditempatkan dalam kolam fasilitas milik LK yang berizin.

Lumba-Lumba yang sebelumnya dipergunakan keliling tidak serta merta langsung dilepasliarkan dan menjadi bagian dari ketentuan dimaksud, karena secara hukum LK berizin diperbolehkan memiliki koleksi satwa lumba-lumba.

Apabila masih terdapat LK yang tidak memenuhi ketentuan, maka akan dikenakan tindakan penghentian sementara pelayanan administrasi, denda, atau pencabutan izin LK sesuai pasal 84 dalam Peraturan Menteri LHK Nomor: P.22/MENLHK/SETJEN/KUM.1/5/2019 tentang Lembaga Konservasi.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/PTFI

Dua Spesies Baru Kepiting Ditemukan di Area Kerja Freeport

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:37 WIB
Dua spesies baru kepiting bernama Typhlocarcinops robustus dan Typhlocarcinops raouli ditemukan di kawasan muara Ajkwa, area kerja PT...
Sumber: AFP/WHO/Tim Riset Mi-NRC/ Grafis: SENO

Reinfeksi Covid-19 Nyata Adanya

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:30 WIB
Antibodi ialah zat yang dibentuk dalam darah untuk melawan bakteri dan virus. Seperti pada wabah SARS dan MERS, antibodi menurun seiring...
123RF

Jangan Sepelekan Sariawan pada Anak

👤Ant/H-2 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:20 WIB
Pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh orangtua ialah selalu rajin memberikan minum untuk mencegah terjadinya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya