Jumat 07 Februari 2020, 12:50 WIB

UPN Veteran Yogya Tuan Rumah Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden

Agus Utantoro | Olahraga
UPN Veteran Yogya Tuan Rumah Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden

MI/AGUS UTANTORO
Tim Pencak Silat UPN Veteran Yogyakarta bertekad merebut Piala Presiden dalam Kejurnas Pencak Silat X, 10-14 Februari 2020.

UNIVERSITAS Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta akan menggelar Kejuaraan Nasional Pencak Silat Piala Presiden. Kejuaraan yang akan diikuti sekitar 341 pesilat dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini sedianya digelar mulai 10 Februari hingga 14 Februari.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Yogyakarta, Suharsono  mengatakan tahun ini merupakan kejuaraan yang kesepuluh dan megambil tema Menumbuhkan Rasa Nasionalisme serta Melestarikan Ragam Budaya Bangsa Melalui Pencak Silat. Sebanyak 51 perguruan tinggi negeri dan swasta ikut serta dalam kejuaraan silat tersebut.

Dikatakan kejuaraan nasional yang digelar dua tahun sekali ini akan mempertandingkan kategori seni tunggal,seni ganda dan seni beregu baik putra maupun putri.

"Untuk kategori putra ada 10 kelas, dan kategori putri ada enam kelas.Untuk  kategori seni, seni tunggal, seni ganda, regu menggunakan senjata toya dan golok," terang Suharsono, Jumat (7/2).

Didampingi panitia lainnya, Suharsono menjelaskan awalnya kejuaraan ini  adalah agenda tahunan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta. Namun pada perkembangannya menjadi kejuaraan tingkat Jawa Tengah dan DIY. Kemudian meningkat menjadi tingkat Jawa dan Bali. Dan pada 2020, kejuaraan silat ini menjadi agenda tingkat nasional dengan memperebutkan piala bergilir dari Presiden.

baca juga: Sejumlah Megaproyek di Sultra Harus Rampung Sebelum 2021

Pembukaan kejuaraan silat tingkat nasional rencananya akan dibuka oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof Nizam. Tahun ini UPN Veteran akan menerjunkan 13 atletnya dan menargetkan akan membawa Piala Presiden. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More