Kamis 06 Februari 2020, 11:45 WIB

Kemenkes Ingatkan Sejumlah Daerah Waspada DBD

Atalya Puspa | Humaniora
Kemenkes Ingatkan Sejumlah Daerah Waspada DBD

MI/Alexander P Taum
Petugas melakukan fogging di Kabupaten Lembata, NTT

 

KEMENTERIAN kesehatan mencatat hingga 6 Februari, terdapat 2.696 kasus demam berdarah dengue (DBD) dengan jumlah kematian sebanyak 21 orang. Jumlah tersebut menurun dibanding periode yang sama di 2019, yang mencapai 137.183 kasus dengan jumlah kematian 911 orang.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan hingga kini kejadian luar biasa (KLB) DBD hanya terjadi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Namun, dirinya meminta sejumlah daerah untuk mewaspadai DBD karena adanya peningkatan kasus.

"Yang menyatakan KLB resmi dari pemerintah daerah hanya Kabupaten Sikka, yang lain tidak menyatkan KLB. Tetapi memang ada peningkatan kasus di sejumlah daerah. Kabupaten yang tinggi kasusnya yakni Kabupaten Ciamis, Temanggung, Lampung Tengah, Sikka dan Belitung," kata Nadia kepada Media Indonesia, Jumat (7/2).

Adapun, Nadia merinci jumlah kasus DBD di wilayah Ciamis sebanyak 37 kasus, Temanggung 48 kasus, Kabupaten Belitung 150 kasus, Sikka 218 kasus, Jambi 172 kasus, Muoro Jambi 114 kasus dan Tanjung Jabung Barat 96 kasus.

Baca juga: Korban DBD Terus Berjatuhan di Beberapa Daerah

Untuk menekan angka DBD di wilayah-wilayah tersebut, Kementerian Kesehatan turun langsung untuk melakukan intervensi pencegahan DBD.

"Kita bersama provinsi dengan kasus DBD tinggi turun bersama dan melakukan intervensi bersama, mendukung logistik seperti mesin fogging, larvasida minimal 1 ton, serta cairan insektisida lain, penyediaan rapid diagnostic test (RDT)," ucap Nadia.

Selain itu, Kemenkes melakukan intervensi dengan mengadvokasi bupati atau wali kota untuk melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus secara rutin dan mengaktifkan kelompok pekerja (pokja) DBD di kabupaten/kota.

"Selain itu memastikan RS punya stok untuk cairan infus dan stok bahan habis pakai (BHP) lainnya," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Septianda Perdana

Pastikan Keamanan Pengemudi, Gojek Impor 5 Juta Masker

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 01 April 2020, 12:09 WIB
Masker dan alat kesehatan lainnya akan dibagikan kepada mitra pengemudi untuk memastikan keamanan saat...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Jumlah Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Capai 428 orang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 01 April 2020, 11:35 WIB
Dari 428 pasien yang dirawat, sebanyak 105 orang dinyatakan positif...
ANTARA/Arif Firmansyah

Masker Kain Cukup untuk Cegah Virus

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 April 2020, 11:29 WIB
Masker N95 memiliki tingkat efektivitas sebesar 95%, masker bedah 85%, sementara masker kain memiliki efektivitas 49% hingga 73% bergantung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya