Jumat 07 Februari 2020, 11:35 WIB

Pemimpin Al-Qaeda di Yaman Terbunuh oleh Serangan AS

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Pemimpin Al-Qaeda di Yaman Terbunuh oleh Serangan AS

Dok. Wikipedia
Pemimpin Al-Qaeda Yaman di Semenanjung Arab (AQAP), Qasim al-Raymi.

 

AMERIKA Serikat (AS) membunuh pemimpin Al-Qaeda Yaman di Semenanjung Arab (AQAP), Qasim al-Raymi. Ia telah memimpin kelompok militan itu sejak 2015 dan tewas dalam operasi AS.

Al-Raymi dikaitkan dengan serangkaian serangan terhadap kepentingan Barat di 2000-an. Dia mengambil alih kepemimpinan setelah pendahulunya terbunuh oleh serangan pesawat nirawak AS.

AQAP dibentuk pada 2009 dari dua cabang regional Al-Qaeda di Yaman di Arab Saudi dengan tujuan menggulingkan pemerintah yang didukung AS dan menghilangkan semua pengaruh Barat di wilayah tersebut. Kelompok ini telah meraih sebagian besar keberhasilan di Yaman akibat ketidakstabilan politik yang telah menjangkiti negara itu selama bertahun-tahun.

Baca juga:  800 Anggota Al-Qaeda Tewas

Rumor kematian Al-Raymi dalam serangan pesawat nirawak AS mulai beredar pada akhir Januari. Sebagai tanggapan, AQAP merilis pesan audio dengan suara Al-Raymi pada 2 Februari, yang mungkin telah direkam sebelumnya.

Tetapi pernyataan dari Gedung Putih mengonfirmasi kematian Al-Raymi, namun tak mengatakan waktu pembunuhannya.

"Kematiannya semakin menurunkan kekuatan AQAP dan gerakan global Al-Qaeda. Kita semakin dekat untuk melenyapkan ancaman yang ditebar kelompok-kelompok ini pada keamanan nasional kita," bunyi pernyataan itu.

"Amerika Serikat, kepentingan kami dan sekutu kami semakin aman akibat kematiannya,” imbuh pernyataan itu.(BBC/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More