Jumat 07 Februari 2020, 10:57 WIB

Kalsel Perpanjang Izin Tinggal WNA Tiongkok

Denny Susanto | Nusantara
Kalsel Perpanjang Izin Tinggal WNA Tiongkok

ANTARA
Imigrasi Kalimantan Selatan memperpanjang masa tinggal WNA asal Tiongkok mulai Rabu (5/2/2020).

 

IMIGRASI Kalimantan Selatan membuat kebijakan memperpanjang izin tinggal sekitar 200 warga negara asing (WNA) asal Tiongkok, terkait merebaknya penyebaran virus corona di negara tersebut. Selain itu pihak Imigrasi juga menghentikan izin masuk WNA Tiongkok ke Kalsel.

Kebijakan ini diambil berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI nomor 3/2020 tentang penghentian
sementara bebas visa kunjungan dan visa, dan pemberian izin tinggal keadaan terpaksa bagi warga negara Republik Rakyat Tiongkok.

Kepala Seksi Teknologi Informasi Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Adityo Jumat (7/2) mengatakan kebijakan tersebut mulai berlaku Rabu (5/2).

"Kebijakan tersebut mulai kita terapkan. Selanjutnya kami juga melakukan pemeriksaan di pelabuhan laut maupun bandara udara serta melakukan koordinasi dengan pihak kesehatan, terkait pengawasan WNA,"  tuturnya.

Tercatat ada sekitar 200 orang WNA Tiongkok yang berada di Kalsel. Umumnya mereka tinggal di Kalsel untuk keperluan pekerjaan di sejumlah perusahaan swasta. Dengan perpanjangan izin tinggal artinya WNA Tiongkok yang saat ini berada di Kalsel tidak akan dipulangkan ke negara asalnya.
          
"Mereka tidak dipulangkan. Perpanjangan izin tinggal hingga batas waktu yang tidak ditentukan," ujarnya.

baca juga: Pabrik Sepatu Taiwan Dibangun di Brebes Serap 15 Ribu Naker

Rencananya, Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin akan mengirimkan surat pemberitahuan untuk mengurus perpanjangan izin ini ke masing-masing perusahaan tempat dimana WNA Tiongkok tersebut bekerja. Pada bagian lain pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banjarmasin telah mengoperasikan alat thermal scanner atau pemindai suhu tubuh di terminal kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor, guna mengantisipasi penyeberangan virus korona masuk ke Kalsel. (OL-3)

 

Baca Juga

dok.mi

Pasien Sembuh Covid-19 di NTT Tambah 33 Orang, Kasus Baru Nihil

👤Palce Amalo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:30 WIB
PASIEN sembuh dari covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah 33 orang, Kamis (29/10). Sebaliknya, tidak ada tambahan kasus...
Antara

Hasil Panen Bawang Merosot Harganya Jadi Meroket

👤John Lewar 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:20 WIB
TURUNNYA hasil panen produksi petani bawang merah, putih dan bawang Bombai di beberapa daerah yang menjadi kantong produksi, menyebabkan...
MI/Ruta Suryana

Angka Kesembuhan Covid-19 di Denpasar Lampaui Kasus Baru

👤Ruta Suryana 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:07 WIB
Untuk itu masyarakat tetap diminta disiplin menerapkan protokol dengan menerapkan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya