Kamis 06 Februari 2020, 23:46 WIB

dishub DKI Klaim Pengguna Sepeda Meningkat 500%

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
dishub DKI Klaim Pengguna Sepeda Meningkat 500%

Antara
Sejumlah pengendara sepeda motor melanggar jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta menyebut angka pengguna sepeda yang melintas di jalur sepeda di ibu kota meningkat hingga 500% sejak dibangunnya 63 km jalur sepeda tahun lalu.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pembangunan jalur sepeda ini sudah efektif untuk memotivasi warga menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

"Sebelum dan sesudah pembuatan jalur sepeda itu ada peningkatan demand yg signifikan. Angkanya sekitar lebih dari 500%. Tapi jangan dilihat bahwa kemudian tidak efektif," kata Syafrin di Balai Kota, Kamis (6/2).

Selain angka pengguna sepeda yang meningkat, jumlah kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda juga turun hingga 13%. Data ini diambil berdasarkan data Polda Metro Jaya.

Angka ini pun disebutnya sebagai salah satu prestasi yang membanggakan karena jalur sepeda yang dibangun baru 63km dan baru selesai pada 20 September 2019 lalu.

"Ini kan suatu angka yang luar biasa, walaupun kilometernya baru 63. Ke depan, kita harapkan dengan upaya Pemprov DKI membangun jalur sepeda secara masif, tidak hanya angka kecelakaan itu yang diturunkan. Tapi juga mulai ada 'shifting' penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum yang ada. Itu target kita sebenarnya," ungkapnya.

Syafrin menerangkan bahwa pembangunan jalur sepeda merupakan satu dari tiga program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memindahkan pengendara pribadi ke angkutan umum. Sisanya yang juga diupayakan adalah pembangunan fasilitas pejalan kaki serta peningkatan kualitas dan kuantitas transportasi umum.

"Tiga itu yang sekarang 'inline' dengan program pak gubernur yang di dalamnya ada empat prioritas penanganan permasalahan transportasi. Tiga sudah ada. Dan ini menjadi topik pembicaraan di seluruh dunia, tidak hanya di Jakarta, artinya bersyukur Jakarta sudah memulainya. Tinggal kita lanjutkan dan kalau ada pro kontra itu hal biasa," tegasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI membangun 63 km jalur sepeda yang dibagi dalam tiga fase pada tahun lalu. Fase 1 yakni Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, hingga kantor Balaikota DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat resmi diuji coba pada 20 September 2019.

Sementara, Fase 2 dari Jalan Raya Fatmawati - Jalan Panglima Polim - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Jenderal Sudirman. Rute ini akan tersambung dengan fase 1 di Bundaran HI mulai diuji coba pada 11 Oktober 2019

Fase 3 dari JalanTomang Raya - Simpang Tomang - kemudian belok kanan di Jalan Cideng - Kebon Sirih - Jalan MH Thamrin diuji coba mulai 2 November 2019. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More