Jumat 07 Februari 2020, 04:55 WIB

Mourinho Tebar Kiat Menang

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Mourinho Tebar Kiat Menang

AFP
Arsitek Tottenham Hotspur Jose Mourinho

 

ARSITEK Tottenham Hotspur Jose Mourinho sesumbar setelah timnya sukses mengalahkan Southampton dengan skor tipis 3-2 pada laga ulangan babak keempat Piala FA, kemarin dini hari WIB.

Tottenham Hotspur harus bekerja keras untuk menaklukkan Southampton. Sempat unggul melalui gol bunuh diri Jack Stephens menit ke-12, Tottenham yang bertindak sebagai tuan rumah kemudian tertinggal akibat gol Shane Long menit ke-74 dan Danny Ings menit ke-72.

The Lilywhites--julukan Tottenham--mampu membalikkan keadaan melalui gol Lucas Moura menit ke-78, serta tendangan penalti Son Heung-min di tiga menit sebelum bubaran.

Mourinho menunjukkan bahwa ia bisa meraih kemenangan tanpa harus menguasai permainan. Tercatat Tottenham hanya membukukan 43% penguasaan bola, dengan tiga sepakan tepat sasaran.
Bandingkan dengan tim tamu Southampton. Klub berjuluk Soton itu bermain menyerang dengan 7 kali percobaan ke gawang. Hal yang sama, lanjut Mourinho, menjadi pilihannya ketika mengalahkan Manchester City, pekan lalu.

Pelatih asal Portugal itu juga bisa meraih kemenangan ketika anak asuhnya mengalami kelelahan karena jadwal padat di Januari. Belum lagi cedera beberapa pemain pilar, seperti Harry Kane, Erik Lamela, dan Giovani Lo Celso.

“Kami menderita. Kami melawan tim yang lebih baik di lapangan tapi kami pantas untuk menang. Mereka memiliki pemain yang lebih bugar. Saya rasa saya melakukannnya dengan baik di saat menangani tim yang sedang banyak masalah,” kata Mourinho, arsitek yang sebelumnya menukangi klub-klub besar seperti Manchester United, Chelsea, Real Madrid, serta Inter Milan.

“Kami bermain dengan jiwa dan hati kami, serta memberikan segenap kemampuan,” tegas Mourinho lagi.

Selanjutnya, pada babak kelima Piala FA atau 16 besar, Tottenham Hotspur akan melawan Norwich City. Laga itu dijadwalkan berlangsung Jumat (6/3), bulan depan.


Hilang kendali

Di Jerman, klub elite Bayern Muenchen lolos ke perempat final Piala Jerman setelah mengalahkan Hoffenheim dengan skor tipis 4-3. Bermain di Allianz Arena, kemarin dini hari WIB, Muenchen dikejutkan dengan gol bunuh diri Jerome Boateng pada menit ke-8.

Namun, Muenchen mengamuk setelah gol itu dengan melesakkan 4 gol balasan melalui gol bunuh diri Benjamin Hubner menit ke-12, Thomas Mueller menit ke-20, dan dwigol Robert Lewandowski menit ke-36 dan ‘80.

Merasa di atas angin, The Bavarians--julukan Muenchen--lengah. Dua gol dari Hoffenheim datang pada 10 menit jelang laga usai dari Moanes Dabour menit ke-82 dan injury time.

Pelatih Bayern Muenchen Hansi Flick mengakui anak asuhnya kehilangan kendali ketika unggul tiga gol. Hasilnya, Hoffenheim mencetak dua gol cepat dan hampir saja memberi kejutan tambahan di akhir laga.
“Kami tidak lagi menekan setelah itu. Hoffenheim tampil lebih baik dan kami membiarkan mereka membuat peluang,” ungkap Flick.(AFP/marca/bbc/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More