Kamis 06 Februari 2020, 22:25 WIB

Program Magang Mahasiswa Harus Ada Regulasi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Program Magang Mahasiswa Harus Ada Regulasi

MI/Syarief Oebaidillah
Foto bersama seusai perayaan Imlek di Universitas Tarumanagara

 

MENYAMBUT baik program Merdeka Belajar, Universitas Tarumanagara (Untar) mengusulkan pentingnya aturan atau regulasi yang dpat mendukung program tersebut.

“Program Kampus Merdeka terutama terkait kegiatan diluar kampus selama tiga semester itu adalah kebijakan yang baik. Sebab kegiatan ini membiasakan mahasiswa untuk melihat permasalahan di lapangan. Khusus untuk magang, Untar sejak lama telah menerapkannya,” kata Rektor Untar Agustinus Purna Irawan, di sela sela Perayaan Imlek di kampus Untar,Jakarta, Kamis ( 6/2).

Menurut Agustinus, untuk magang Untar sejak lama menerapkan dalam proses pembelajaran.

‘’Magang di Untar sudah jalan. Mahasiswa mencari sendiri. Bisa magang di perusahaan orang lain ataupun perusahaan orangtua dari mahasiswa kami yang memang kebanyakan berlatar belakang wirausaha. Yang penting mereka magang secara baik dan benar,’’ tegas Guru Besar Fakultas Teknik Untar itu.

Selain magang, lanjutnya, kegiatan bakti sosial merupakan kegiatan di luar kampus yang bermanfaat banyak bagi mahasiswa secara nyata menganalisis kebutuhan masyarakat dan langsung melakukan tindakan nyata untuk membantu masyarakat

Terkait magang ini, Agustinus berpendapat, perlu ada regulasi yang disusun berdasarkan hasil diskusi antara Kemendikbud, dunia industri dan lintas kementerian, seperti kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, dan lain lain.

“Ya mesti ada regulasi yang mengatur secara jelas karena perguruan tinggi kita kan terbagai dalam berbagai kluster ada yang sudah berakreditasi A, B dan C, dan lain lain,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, terkait dengan seberapa besar kapasitas industri dapat menerima mahasiswa magang dari seluruh perguruan tinggi. Juga perlu dimaksimalkan kegiatan mahasiswa di desa sehingga pemagangan yang dilakukan mahasiswa pun bisa membangun desa

Terkait menyambut Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili, Untar menyelenggarakan perayaan Imlek bersama seluruh sivitas akademika, dengan mengangkat tema Untar untuk Indonesia: Berbagi untuk Kemakmuran Bersama. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More