Kamis 06 Februari 2020, 21:14 WIB

Soal Korona, KOI Imbau Cabor Minta Rekomendasi Kemenkes

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Soal Korona, KOI Imbau Cabor Minta Rekomendasi Kemenkes

MI/Vicky
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari

KETUA Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari meminta para cabang olahraga (cabor) untuk tidak berangkat ke negara yang terkena wabah virus korona.

"Kalau sekarang kita sudah melarang atlet untuk berangkat ke tempat yang berpotensi korona. Karena ini sudah ada arahan langsung dari pemerintah," ujar pria yang akrab disapa Okto itu, Kamis (6/2).

Kalau para cabor harus tetap berangkat, Okto meminta sebaiknya cabor tersebut meminta rekomendasi khusus dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Kementerian Pemuda dan Olahraha (Kemenpora).

Adapun tim bulu tangkis yang akan berangkat menuju Filipina untuk mengikuti Kejuaraan Beregu Asia 2020 dan berangkat pada Sabtu (8/6).

Okto berpesan pada atlet dan ofisial untuk memperhatikan kesehatan dengan aktif menggunakan masker dan rajin cuci tangan, terutama saat di bandara.

Di sisi lain, Okto mengaku terus intensif berkomunikasi dengan pihak penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo untuk mengetahui perkembangan kesiapan tuan rumah.

"Sejauh ini masi intensif, saya salut dengan Jepang yang sangat ekstra hati-hati untuk mensterilkan daerahnya," ujarnya.

Pihak Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 juga meyakinkan Okto bahwa virus ini hanya terjadi pada musim dingin. Ia yakin ketika musim panas nanti saat digelarnya Olimpiade 2020 Tokyo virus tersebut bakal hilang.

"Kita sih berharap penyakit ini bisa berlalu dan semua yang terkena bisa diberi kesembuhan. Maka, kita harus hati-hati terlebih dahulu, karena keselamatan adalah hal yang paling penting," ucapnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More