Kamis 06 Februari 2020, 20:37 WIB

Ini Tips Agar Rekening Anda Tidak Mudah Dibobol

Atikah Ishmah Winahyu | Megapolitan
Ini Tips Agar Rekening Anda Tidak Mudah Dibobol

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi kasus pembobolan rekening bank

 

PAKAR IT Ruby Alamsyah menjelaskan beberapa tips yang dapat dilakukan masyarakat agar terhindar dari kasus pembobolan rekening bank seperti yang dialami Ilham Bintang.

Pertama, jangan mudah percaya/meng-klik link baik yang dikenal maupun tidak. Pastikan alamat url dengan tampilan web sesuai.

"Walaupun tampangnya mirip asli, tetap kita setiap klik sesuatu jangan fokus hanya tampilan webnya perhatikan juga URL barnya. Kita harus pastikan bahwa URL web sama tampilannya sesuai. Think before klik itu penting," kata Ruby Alamsyah saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (6/2).

Kedua, jangan pernah menginformasikan data pribadi, terutama foto identitas seperti KTP, SIM, dan lainnya kepada pihak yang tidak dikenal.

"Jangan pernah memberikan info data pribadi ke siapapun bahkan ke pihak resmi bank kalau cuma lewat website atau telpon," tuturnya.

Ketiga, siapkan nomor telepon operator yang bisa dihubungi lewat handphone maupun lewat nomor telepon lain. Siapkan nomor kontak operator yang lengkap, yang dapat dihubungi dari negara manapun dengan cepat.

"Di modus ini si pelaku cuma mempunyai jeda waktu sampai secepat apa korban bisa melapor ke operator saat curiga nomernya bermasalah. Salah satu kelemahan korban itu, susah dia menghubungi operator," terangnya.

Terakhir, agar rekening tidak mudah dibobol, gunakan aplikasi mobile banking yang memiliki level keamanan berlapis, contohnya yang dilengkapi dengan token.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More