Kamis 06 Februari 2020, 18:29 WIB

Pimpinan KPK Bahas Pencegahan dengan DPR

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pimpinan KPK Bahas Pencegahan dengan DPR

Antara
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kiri) didampingi Wakil Ketua KPK Alexander Marwata

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan lawatan ke DPR RI. Tujuannya untuk memperkuat sinergi pemberantasan korupsi khususnya membangun sistem pencegahan lebih efektif.

"Untuk melakukan pencegahan itu, satu, DPR adalah pembuat undang-undang maka kami KPK adalah pelaksananya. DPR menentukan jumlah anggaran belanja negara, kita pun menggunakan anggaran belanja negara. Jadi banyak hal yang perlu kita bicarakan, tidak berbicara tentang perkara," paparnya seusai bertemu dengan Pimpinan DPR, di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (6/2).

Menurut dia, KPK ingin membangun sinergisitas dengan seluruh instansi untuk mengoptimalkan pemberantasan rasuah. Pembahasan dengan pimpinan wakil rakyat, jelasnya, terfokus pada membentuk regulasi yang mencegah celah-celah korupsi.

"Sebagai pimpinan KPK 2019-2023 kami menyampaikan roadmap KPK ke depan. Apa visinya, misinya apa, programnya apa, grand strategy-nya bagaimana, sasaran strategi dan tujuannya apa, itu yang kami sampaikan," jelas perwira aktif Polri itu.

Langkah itu, kata dia, merupakan amanat dari UU 19 tahun 2019 tentang KPK tepatnya pasal 6 huruf a yang mendorong kerja sama lebih luas memberangus rasuah. Agenda ini tidak terkait dengan pimpinan maupun anggota DPR yang berperkara di KPK.

"Tidak terkait dengan perkara, siapa pun statusnya kalau memang itu proses hukum kita akan proses hukum. Jadi jangan ditanya yg itu dulu, tadi kita tidak bicara perkara," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More