Kamis 06 Februari 2020, 16:41 WIB

Pertama Kali, Nusa Penida Jadi Lokasi Red Bull Cliff Diving 2020

Ruta Suryana | Nusantara
Pertama Kali, Nusa Penida Jadi Lokasi Red Bull Cliff Diving 2020

Antara
Pantai Kelingking, Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, dipilih menjadilokasi berlangsungnya event Red Bull Cliff Diving 2020.

 

INDONESIA layak berbangga. Sebabnya untuk pertama kalinya salah tempat di negara ini dipilih menjadi lokasi kompetisi lompat tebing dunia yang dipromotori oleh Red Bull Cliff Diving.

Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali-lah yang mendapat kehormatan itu. Mereka akan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan kompetisi yang diselenggarakan pada 16 Mei mendatang.

Baca juga: Suguhkan Keindahan Bawah Laut, Festival Nusa Penida Siap Digelar

Red Bull Cliff Diving 2020 merupakan kompetisi gelaran ke-12 yang sudah dimulai sejak 2009 dan diikuti oleh para atlet dari 18 negara. Olahraga terjun bebas ini dilakukan dengan loncatan, putaran, dan bersalto tanpa perlindungan dari ketinggian 27m.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta merasa bangga akan terpilihnya Nusa Penida sebagai salah satu lokasi berlangsungnya kompetisi ini.

“Kami bangga, Nusa Penida kini mulai dikenal dunia dengan kondisi alam yang cocok untuk dijadikan arena kompetisi lompat tebing tingkat internasional,” ujarnya saat ditemui di Kantor Bupati Klungkung, Kamis (6/2).

“Karena, memang Nusa Penida memiliki pantai dengan tebing yang unik dan pemandangannya yang tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai-pantai dunia,” imbuhnya

Suwirta berharap dengan diadakannya kegiatan kompetisi international ini, dapat semakin memperkenalkan Kabupaten Klungkung ke seluruh belahan dunia.

“Saya harap, dengan diadakannya acara ini merupakan sebuah peluang dalam menarik perhatian para pendatang atau wisatawan.”

Direktur Olahraga Red Bull Cliff Diving World Greg Louganis mengatakan, tempat-tempat itu menjadi ikon di laut, danau atau sungai di seluruh Asia, Eropa, Amerika Utara dan Australia untuk memahkotai dua juara baru.

“World Series Putri diperkenalkan pertama kalinya pada 2014. Total ada delapan kali  kompetisi di seluruh dunia untuk seri dunia ini. Kompetisi ini juga menampilkan peloncat elite serta bakat-bakat muda,” ucapnya.

Sebelumnya Hostelworld juga merilis bahwa Pulau Nusa Penida menjadi salah satu destinasi backpacker urutan pertama pada 2020. Pemesanan akomodasi ke pulau ini mengalami peningkatan jumlah wisatawan asing. Pencapaian tersebut meningkat hingga 610 persen selama tahun 2019. (RS/A-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More