Kamis 06 Februari 2020, 13:45 WIB

Puluhan Apoteker Tolak Peraturan Menkes Rugikan Profesi Apoteker

Lilik Darmawan | Nusantara
Puluhan Apoteker Tolak Peraturan Menkes Rugikan Profesi Apoteker

MI/LILIK DARMAWAN
50 apoteker berunjuk rasa di depan Apotek Zafira Jl Gerilya Purwokerto diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kamis (6/2/2020).

 

SEKITAR 50 apoteker di Banyumas, Jawa Tengah menggelar aksi menolak Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 3 tahun 2020 pada Kamis (6/2). Penyebabnya dalam pasal-pasalnya, dinyatakan bahwa apoteker bukanlah tenaga medis dan penunjang medis. Aksi yang berlangsung di depan Apotek Zafira Jl Gerilya Purwokerto diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sejumlah apoteker maju ke depan untuk memberikan orasinya. Pada intinya, mereka menolak ada PMK No. 3 tahun 2020 dan meminta percepatan UU Kefarmasian.

"Kami mengadakan aksi di sini untuk mendukung perjuangan seluruh apoteker di Indonesia yang bakal menggelar aksi secara nasional di Solo pada 8-9 Februari besok," tegas Ketua Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Banyumas Khafidz Nasrudin, Kamis (6/2).

Menurutnya, dengan adanya PMK No 3 tahun 2020, maka akan mengabaikan hak-hak pasien.

"Dengan adanya pasal yang menyatakan bahwa pelayanan kefarmasian bukan pelayanan medis, maka akan mengabaikan hak pasien dalam mendapatkan informasi dan konseling farmasi. Jangan sampai hak-hak pasien justru terabaikan," tambahnya.

baca juga: Fogging Dihentikan, Kasus DBD di Tasikmalaya Naik

Khafidz kembali menegaskan penolakannya terhadap PMK tersebut, karena hal itu jelas mencederai. Bahkan, ada kemungkinan akan terjadi pengurangan tenaga apoteker di RS.

"Karena itulah, kami siap untuk memperjuangkan aspirasi para apoteker," tegas Khafidz. (OL-3)

Baca Juga

Dok.MI

Dua Pasien Covid-19 di Sidoarjo Meninggal Dunia

👤Heri Susestyo 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:01 WIB
Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) akibat covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur bertambah dua...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Pedagang Wajib Jual Sembako Selama Pandemi Korona

👤Palce Amalo 🕔Senin 30 Maret 2020, 12:57 WIB
Pedagang di Kabupaten Rote Ndao yang berjualan di pasar diwajibkan hanya menjual bahan kebutuhan pokok (sembako) sesuai harga yang berlaku...
 FOTO ANTARA/Anis Efizudin

Penutupan Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Diperpanjang

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 12:50 WIB
Kawasan Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko ditutup mulai 23 Maret  hingga 29 Maret, Namun kemudian diperpanjang hingga 11 April...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya