Kamis 06 Februari 2020, 11:51 WIB

11 Orang Terjangkit DBD di Cirebon, Masyarakat Waspada

Nurul Hidayah | Nusantara
11 Orang Terjangkit DBD di Cirebon, Masyarakat Waspada

ANTARA
Petugas sedang melakukan pengasapan membasmi nyamuk DBD. Kasus DBD di Kabupaten Cirebon pada Januari sudah mencapai 11 orang,

 

SEBANYAK 11 orang positif terjangkit Demam Berdaerah Dengue (DBD) sepanjang Januari lalu. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana menjelaskan sepanjang Januari 2020  sebanyak 30 orang di Kabupaten Cirebon
dinyatakan suspect DBD.

"Dari jumlah tersebut, 11 orang di antaranya dinyatakan positif menderita DBD dan tidak ada yang meninggal dunia," kata Nanang, Kamis (6/2).

Jumlah penderita DBD sepanjang Januari menurut Nanang cukup tinggi dan sebaran terbanyak ada di wilayah timur, selatan dan utara Kabupaten Cirebon.

"Kami juga sudah bergerak dan melakukan tindakan," ungkap Nanang.

Di antaranya dengan melakukan fogging di tempat-tempat sekitar tempat tinggal penderita DBD. Menurut Nanang, fogging saja tidak cukup. Ia meminta peran serta masyarakat tetap dibutuhkan untuk pencegahan penyebaran penyakit DBD.

"Apalagi intensitas hujan saat ini sedang tinggi-tingginya," kata Nanang mengingatkan.

Curah hujan yang tinggi bisa menimbulkan genangan air bersih di beberapa tempat. Bila tidak dibersihkan bisa menjadi tempat berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk termasuk nyamuk DBD. Karena itu, Nanang meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara melakukan gerakan 3M, serta pemberikan bubuk larvasida.

baca juga: PN Subang Kini Punya Pelayanan E-Litigasi

Selain itu, upaya pencegahan juga bisa dilakukan dengan memelihara ikan cupang di tempat-tempat yang tergenang air dan menanam bunga lavender.

"Kami juga telah menyebarkan surat ke puskesmas agar mereka melakukan kewaspadaan dini," ungkap Nanang.

Kepada masyarakat juga diimbau untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat jika mengalami panas demam lebih dari 3 hari. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More