Kamis 06 Februari 2020, 11:45 WIB

PN Subang Kini Punya Pelayanan E-Litigasi

Reza Sunarya | Nusantara
PN Subang Kini Punya Pelayanan E-Litigasi

MI/REZA SUNARYA
Peluncuran e-litigasi di PN Subang, Kamis (6/2/2020).

 

UNTUK mendekatkan pelayanan pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan (access for justice), Pengadilan Negeri Subang, Jawa Barat meluncurkan program e-litigasi, Kamis (6/2). Ketua PN Subang, R Hendral mengatakan e-litigasi merupakan kelanjutan dari e-court yaitu digitalisasi persidangan. Program ini dimaksudkan untuk menciptakan pelayanan peradilan yang mudah, cepat, sederhana, dan biaya ringan, sebagaimana Perma No. 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan sidang di Pengadilan secara elektronik.

Melalui e-litigasi, persidangan yang biasanya dilaksanakan di ruang persidangan nantinya sebagian dialihkan menjadi persidangan secara elektronik. Mulai dari pemanggilan para pihak, persidangan, sampai pada penyampaian salinan putusan.

"Sesuai dengan instruksi dari Ketua Mahkamah Agung, e-litigasi diterapkan oleh seluruh pengadilan tingkat pertama di Indonesia," kaya Hendral.

Ia menambahkan PN Subang telah menetapkan pilot project di Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Pamanukan dan Kecamatan Cisalak. Lebih jauh R. Hendral menyebutkan peningkatan pelayanan PN Subang tidak hanya terbatas pada hadirnya e-litigasi. Melainkan hadirnya layanan PN Subang di seluruh kecamatan Kabupaten Subang melalui pojok Pengadilan Negeri di setiap kantor kecamatan. Tidak hanya terbatas pada perkara perdata melainkan sinkronisasi dengan perkara pidana, yaitu pihak Kejaksaan Negeri maupun Polres Subang, sehingga saksi untuk perkara tindak pidana ringan tidak perlu hadir di sidang pengadilan. Saksi cukup memberikan keterangan melalui layanan teleconference dari kantor Polsek.

Peluncuran juga dilakukan melalui video teleconference di 5 (lima) tempat berbeda yaitu Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Pamanukan dan Kecamatan Cisalak, serta Kantor Kejari Subang dan Polres Subang. Dalam video teleconference ini dilakukan oleh Wakil Ketua PN Subang Derman P. Nababan dengan Wakil Bupati  Subang, Agus Maskur Rosyadi, dan Camat Purwadadi dan beberapa camat yang berdekatan, serta seluruh jajaran kepala desa.

baca juga: DBD Mulai Merebak di Cianjur, 25 Orang Positif

Sementara, Bupati Kabupaten Subang, Ruhimat mengatakan Pemkab Subang g sangat mendukung program Pengadilan Negeri Subang dengan adanya layanan e-litigasi karena sangat selaras dengan program JAWARA NEGARA. Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa langkah yang diambil oleh Pengadilan Negeri Subang dalam melayani masyarakat pencari keadilan sangat bernilai positif. Bagaikan gayung bersambut, yang muaranya adalah peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Subang sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan akan terus membantu PN Subang dalam mensukseskan kegiatan dimaksud agar berjalan efektif dan efisien. Demi memudahkan masyarakat Subang mencari keadilan," kata Ruhimat. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Hijrah Ibrahim

21 ASN Disuruh Pulang Karena Tidak Punya Surat Bebas Covid-19

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 02 Juni 2020, 08:15 WIB
Sebelumnya 21 ASN ini sudah tiba di Kota Weda, ibu kota Halmahera Tengah dan siap bekerja kembali. Namun mereka terpaksa dipulangkan ke...
MI/Martinus Solo

Empat Kabupaten di Papua Barat Siap Memasuki New Normal

👤Martinus Solo 🕔Selasa 02 Juni 2020, 08:08 WIB
Berdasarkan penilaian Gugus Tugas Covid-19, ada 102 kabupaten/kota yang siap memasuki kenormalan baru. Lima di antaranya ada di Papua...
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Pasien Positif Covid-19 di NTB Bertambah 18 Orang

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 07:25 WIB
Selain pasien positif baru covid-19 terdapat dua orang pasien yang dirawat karena virus korona baru ini meninggal dunia dan telah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya