Kamis 06 Februari 2020, 11:45 WIB

Anies Tegaskan Revitalisasi Monas Tetap Jalan

Yanti Nainggolan | Megapolitan
Anies Tegaskan Revitalisasi Monas Tetap Jalan

MI/PIUS ERLANGGA
Pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan revitalisasi Monas tetap jalan. Namun, kelanjutan proyek belum jelas kapan.

"Kenapa diteruskan? Karena sejalan dengan Keppres (Keputusan Presiden) Nomor 25 Tahun 1995, ada penyesuaiannya, ada pada penambahan vegetasi," terang Anies di Istana Merdeka, Rabu (5/2).

Pihak Pemprov akan memberikan gambaran proyek revitalisasi Monas pada Komisi Pengarah, yaitu Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg). Setelah itu, proyek baru dilaksanakan.

Terkait Plaza Selatan Monas, Anies menjelaskan tujuan dari pembangunan tersebut adalah memanfaatkan lahan yang masih berkiblat pada Keppres tersebut.

Baca juga: PKS: Anies Bisa Jadi Presiden Kalau Sukses Jadi Gubernur

Ia memaparkan, selama ini, selalu ada penambahan di area Monas. Misalnya lapangan olahraga, pagar, tempat parkir, hingga taman pandang.

"Jadi ada penambahan-penambahan seperti itu dilakukan sesuai dengan Keppres," tegas dia.

Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Pratikno meminta Pemprov DKI Jakarta menyetop proyek revitalisasi kawasan Monas. Pemprov DKI Jakarta belum mengantongi izin komisi pengarah dalam merombak kawasan ikon Ibu Kota itu.

Pratikno menyebut izin diatur dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Pratikno mengakui Pemprov DKI sudah mengirim surat untuk merevitalisasi Monas. Namun, surat diberikan setelah revitalisasi berjalan. (OL-1)

Baca Juga

Mi/Ramdani

Besok, Warga Miskin Terdampak Covid-19 Dapat Bansos dari DKI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 01:09 WIB
1.1 juta warga akan dibiayai lewat APBD DKI. Mereka ialah penerima bantuan DKI selama ini, seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan KJP...
Antara

Polsek Tanjung Duren Bagikan Sembako untuk Ojek Online

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 08 April 2020, 00:15 WIB
"Aksi ini untuk membantu keluarga dan meringankan kebutuhan pangan pokok mereka," ujar Agung, Selasa...
Antara/Galih Pradipta

Kerumunan Diatas Lima Orang Bakal Kena Sanksi di Masa PSBB

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 00:06 WIB
Bersama Polri dan TNI, Pemprov DKI akan mengambil tindakan tegas jika masyarakat tidak menaati kebijakan yang diberlakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya