Kamis 06 Februari 2020, 05:40 WIB

Karantina Pertanian Diperketat

(E-3) | Ekonomi
Karantina Pertanian Diperketat

Humas Kementan
Kementerian Pertanian RI melakukan pemeriksaan yang lebih intensif.

 

Kementerian Pertanian RI mengintensifkan pemeriksaan untuk mengantisipasi penyebaran novel coronavirus (2019-nCoV). Mitigasi dilakukan di gerbang-gerbang masuk produk pertanian, terutama dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan negara-negara dengan kasus positif virus 2019-nCoV.

"Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) sudah memberikan arahan kepada Badan Karantina Pertanian untuk melakukan pemeriksaan yang lebih intensif, terutama di tempat pemasukan impor. Langkah ini penting dilakukan untuk memastikan wilayah kita tetap terbebas dari virus korona," ungkap Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri saat dikonfirmasi melalui telepon, kemarin.

Meskipun hingga kini belum ditemukan kasus penularan virus 2019-nCoV melalui barang, pemeriksaan terhadap produk pertanian asal RRT akan tetap diperketat.

"Langkah antisipasi penting untuk dilakukan sehingga masyarakat merasa aman untuk mengonsumsi produk pertanian yang beredar di pasaran," tegas Kuntoro.

Pada Senin (3/2), Mentan secara langsung turun ke lapangan melakukan inspeksi pengawasan tindakan karantina berupa pemeriksaan pada lalu lintas hewan dan produknya di Bandara Soekarno-Hatta.

Langkah ini dilakukan Mentan untuk memastikan bahwa jajaran Badan Karantina Pertanian bersiaga penuh untuk mencegah masuknya virus 2019-nCoV ke Indonesia.

"Kementan sudah mengeluarkan instruksi kewaspadaan terhadap lalu lintas media pembawa yang berisiko tinggi sebagai penular virus, seperti anjing, kucing, kelelawar, dan unggas," papar Kuntoro. (E-3)

Baca Juga

Ist

Kemenparekraf Berharap Garut Jadi Pelopor Pariwisata Berbasis CHSE

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 17:31 WIB
Kunci sukses pulihnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah dengan penerapan standar protokol kesehatan secara disiplin dan...
ANTARA/Feny Selly

ISEF Sinergikan Inisiatif Pengembangan Ekonomi Syariah

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 16:56 WIB
Penyelenggaraan ISEF merupakan wujud nyata komitmen bank sentral dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah yang dilakukan melalui...
MI/Surya Sriyanti

Pemerintah Siapkan Sistem Irigasi Food Estate Humbang Hasundutan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 16:35 WIB
Presiden Joko Widodo mengatakan lahan potensial pengembangan food estate di Sumatra Utara seluas 60.000 hektare membentang di empat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya