Rabu 05 Februari 2020, 22:00 WIB

Ibu Fatmawati, Kebanggaan Keluarga, Kebanggaan Indonesia

Denny Parsaulian | Politik dan Hukum
Ibu Fatmawati, Kebanggaan Keluarga, Kebanggaan Indonesia

DOK DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani (ketiga dari kanan) berfoto bersama Presiden RI Joko Widodo dan anggota keluarga Soekarno lainnya.

 

Tepat di tanggal ulang tahun Ibu Negara Pertama Hj Fatmawati, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Soekarno di Kota Bengkulu, Rabu (5/2/2020).

Pembangunan monumen ini diajukan dua tahun lalu oleh Gubernur Bengkulu kepada Menteri Koordinator Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang saat itu dijabat Ketua DPR RI 2019-2024 Puan Maharani.

'' Usulan untuk membangun Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Soekarno mengingatkan saya bahwa Ibu Fatmawati selain menjadi kebanggaan keluarga kami, ia juga mewakili kebanggaan masyarakat Bengkulu, dan kebanggaan bangsa Indonesia, '' kata Ketua DPR RI Puan dalam keterangan persnya.

Peresmian monumen itu dihadiri  Presiden RI, Joko Widodo, Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri; Menko PMK, Muhadjir Effendy; Sekretaris Kabinet, Bapak Pramono Anung; Mensos Juliari Peter Batubara; dan Gubernur Bengkulu, Wali Kota Bengkulu, bersama jajarannya.

Ibu Fatmawati adalah penjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Sebagai penjahit, buat nama beliau selamanya terhubung dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

'' Dia adalah Ibu Negara Republik Indonesia yang pertama. Seorang pahlawan nasional. Ibu dari Presiden RI perempuan yang pertama, Ibu Megawati Soekarnoputri, dan nenek saya, Ketua DPR-RI perempuan yang pertama, '' urai Puan.

Puan menjelaskan bahwa sejak Desember 2017, kementrian yang dipimpinnya saat itu telah terlibat dalam koordinasi, mengatur, pengontrolan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Soekarno. Hingga akhirnya pada 12 November 2019 yang lalu, patung Ibu Fatmawati sudah diletakkan di Simpang Lima Kota Bengkulu.

'' Alhamdulillah hari ini di tanggal lahir Ibu Hj Fatmawati Soekarno, kita semua bisa mendukung untuk menyaksikan peresmiannya. Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih pada kebanyakan pihak yang telah bekerja dengan keras dalam pembuatan dan memecahkan masalah monumen ini dari awal hingga sekarang, '' lanjut Puan.

Tak lupa Puan mengembalikan hasil kerja perupa I Nyoman Nuarta. '' Pak I Nyoman Nuarta, beliau dan tim pematungnya sudah dengan sangat indah membuat patung Ibu Fatmawati. ''

Puan berharap Monumen Pahlawan Nasional Ibu Hj Fatmawati Soekarno ini menjadi pengingat bagi para pendukung, terutama bagi generasi penerus, untuk terus meningkatkan jahitan kebangsaan Indonesia. '' Kita jaga apa yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan, para pendiri bangsa, yang ingin Indonesia merdeka. Indonesia yang bersatu dalam Perbedaan. Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian dalam budaya, '' pungkasnya. (Yan / OL-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More