Kamis 06 Februari 2020, 09:20 WIB

Tenang, Garuda Beri Refund 100% untuk yang Batal Ke Tiongkok

Putra Ananda | Ekonomi
Tenang, Garuda Beri Refund 100% untuk yang Batal Ke Tiongkok

ANTARA/Muhammad Iqbal
Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Perhubungan mulai tanggal 5 Februari 2020 jam 00.00 Wib melarang penerbangan dari dan ke Tiongkok

 

MASKAPAI penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) menerapkan kebijakan refund atau pengembalian tiket sebesar 100% untuk penerbangan dari dan menuju Tiongkok.Kebijakan tersebut diambil seabagai tindak lanjut atas penutupan sementara rute penerbangan dari dan ke Tiongkok oleh Pemerintah Indonesia karena virus Corona.

"Bagi penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket penerbangan Indonesia Tiongkok atau sebaliknya kita sarankan untuk melakukan pengembalian. Karena ini sifatnya force majeur Garuda akan mengembalikan uang penumpang 100%," ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat ditemui di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/2).

Selain pengembalian uang tiket, Irfan juga melanjutkan bahwa penumpang juga bisa melakukan perubahan rute sebagai opsi ke dua jika tetap ingin terbang menggunakan Garuda Indonesia. Perubahan rute dilakukan sesuai dengan harga tiket yang berlaku.

"Bisa juga reroute. Kita omongin lagi nanti. Ada ribuan tiket yang sudah terjual. Intinya kita harus saling mengerti bahwa ini ialah force majeur jadi tidak perlu bicara jumlah kerugian," ungkapnya.

Sebelumnya, Otoritas Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) resmi menghentikan seluruh rute penerbangan, baik dari Tiongkok maupun sebaliknya. Kebijakan tersebut mulai berlaku sejak Rabu (5/2) dini hari.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, penutupan sementara berlaku secara bertahap. Tahap awal akan diberlakukan selama 30 hari. Tahap selanjutnya akan menunggu keputusan lanjutan dari Pemerintah.

"Saat rapat sudah diputuskan tahap pertama 30 hari sejak malam hari ini, dan kita masih tunggu lanjutan dari regulator," ujar Awaluddin.

Awaluddin juga menjelaskan, penumpang yang sudah memiliki tiket bisa menghubungi maskapai terkait untuk pengajuan pengembalian dana. Kebijakan terkait tiket pesawat ditangani masing-masing maskapai.

"Itu kebijakan maskapai, kita sudah rapat dengan seluruh maskapai. Hal-hal tentang refund, sehingga secara efektif malam ini sudah akan memberlakukan apa yang diputuskan melalui regulator transportasi udara yakni Kemenhub," jelas Awaluddin. (Uta/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More