Rabu 05 Februari 2020, 22:40 WIB

Buttiegieg Melejit di Kaukus Iowa

Buttiegieg Melejit di Kaukus Iowa

AFP
Mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg

 

MANTAN Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg di luar dugaan berhasil memimpin hasil sementara pemungutan suara dalam Kaukus Partai Demokrat di Iowa, Amerika Serikat.

Ia meninggalkan perolehan suara senator Bernie Sanders yang berhaluan sosialis, senator Elizabeth Warren, dan mantan Wakil Presiden di era Obama, Joe Biden. Namun pemilihan di Iowa itu dikritik banyak pihak setelah terjadi penundaan dalam pelaporan hasil pemungutan suara.

Menurut hasil sebagian dari laporan yang masuk sebesar 62%, Buttigieg memimpin dengan 26,9% dan diikuti Sanders 25,1% kemudian Warren dengan 18,3% dan Biden 15,6%. Sementara itu, Senator Amy Klobuchar berada di posisi kelima dengan 12,6%.

Buttigieg, 38, tidak terlalu dikenal publik Amerika Serikat setahun lalu. Ia kini mengatakan bahwa hasil pemungutan suara tersebut merupakan kemenangan yang menakjubkan. “Saya tidak pernah lebih percaya diri dalam kampanye kami, tim kami dan visi yang membawa kami pada titik ini,” kata Buttigieg di New Hampshire, Rabi (5/2).

Setelah Iowa, pemilihan berikutnya akan dilakukan di New Hampshire dan jajak pendapat menyebut Sanders akan unggul.


Kesalahan pengkodean

Ketua Partai Demokrat Iowa, Troy Price meminta maaf atas keterlambatan pengumuman hasil pemungutan suara dan menyebut ada kesalahan pengkodean dari aplikasi yang digunakan untuk pertama kalinya dalam melaporkan pemungutan suara. Ia pun berjanji akan memberikan hasil pemungutan suara yang lengkap sesegera mungkin.

“Kami telah bekerja siang dan malam untuk memastikan bahwa hasilnya akurat. Dan kami juga mempunyai kertas dan dokumentasi yang dapat kami gunakan untuk memberikan informasi guna memverifikasi hasil,” kata Price.

Di sisi lain, ketika Demokrat tengah berjuang untuk mempublikasikan hasil Kaukus Iowa, Presiden AS Donald Trump justru menunjukkan kegembiraannya. Menurut Trump, kejadian tersebut justru menggambarkan kegagalan Demokrat untuk memberikan hasil yang tepat waktu. “Tidak ada yang berhasil, sama seperti mereka mengelola negara,” cuit Trump. (AFP/Nur/X-11)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More