Rabu 05 Februari 2020, 22:15 WIB

Istri PM Lesotho Terlibat Pembunuhan

Istri PM Lesotho Terlibat Pembunuhan

pulselive.co.ke
Ibu Negara Lesotho, Maesiah Thabane

 

IBU Negara Lesotho, Maesiah Thabane, ditangkap polisi dan didakwa terlibat pembunuhan mantan istri Perdana Menteri Lesotho Thomas Thabane, Lipolelo Thabane, tahun 2017.

“Dia telah didakwa dengan pembunuhan bersama dengan delapan orang lainnya yang berada di Lesotho dan Afrika Selatan,” kata Wakil Komisaris Polisi Mokete Paseka, seperti dikutip dari harian The Guardian, Selasa (4/2).

Maesiah Thabane, 42, akan menghabiskan hari-harinya di dalam tahanan setelah dia keluar dari persembunyiannya dan menyerahkan diri ke pihak kepolisian. Polisi juga akan segera memanggil delapan tersangka lainnya.

Maesiah, menghilang ketika polisi memanggilnya untuk memberikan kesaksian bulan lalu. Karena itu, polisi pun mengeluarkan surat perintah penangkapan.

Maesiah Thabane kemudian dijemput di perbatasan dengan Afrika Selatan setelah berkoordinasi antara tim peng­acaranya dan polisi.


Dituntut mundur

Lipolelo, 58, tengah dalam proses perceraian yang berlarut-larut dengan Thomas Thabane ketika ia ditembak mati di luar rumahnya di ibukota Lesotho, Maseru, pada Juni 2017, yakni dua hari sebelum pelantikan suaminya.

Awal Januari, bukti baru muncul ketika sebuah surat dari Kepala Polisi Lesotho diumumkan kepada publik terkait catatan komunikasi yang diambil dari ponsel perdana menteri di hari Lipolelo dibunuh.

Thomas Thabane, 80, akhirnya diinterogasi oleh polisi atas kasus pembunuhan tersebut.  Saat Thabane diperiksa polisi, ratusan pendukung oposisi berbaris di jalan-jalan ibu kota Maseru. Mereka menuntutnya untuk segera mundur dari jabatannya. Thomas Thabane akhirnya mengikuti seruan itu dan bersedia mundur dengan alasan usia namun saatnya belum ditentukan.

Pembunuhan Lipolelo menimbulkan gelombang kejutan di negara yang di­pimpin Raja Letsie III dan telah banyak mengalami konflik tersebut. Anggota senior Partai All Basotho Convention (ABC) menuduh sang perdana menteri sengaja meng­halangi penyelidikan pihak berwajib atas kasus pembunuhan tersebut. (AFP/X-11)

Baca Juga

Ozan KOSE / AFP

Alih Fungsi Hagia Sophia jadi Masjid Diputuskan Besok

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 09 Juli 2020, 21:24 WIB
Prospek langkah seperti itu telah meningkatkan kekhawatiran di antara para pejabat AS, Rusia dan Yunani dan para pemimpin gereja Kristen...
Antara

Walikota Seoul Dikabarkan Menghilang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 Juli 2020, 21:19 WIB
"Putri Park melaporkan dia hilang pada Kamis (9/7) sore. Ia mengatakan ayahnya tidak bisa berkomunikasi selama beberapa jam,"...
AFP/FREDERIC J. BROWN

Tertinggi di Dunia, AS Capai 3 Juta Kasus Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 09 Juli 2020, 18:38 WIB
Amerika Serikat menduduki puncak tertinggi kasus covid-19. Total 3 juta kasus yang dikonfirmasi sejak awal infeksi covid-19 hingga Rabu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya