Rabu 05 Februari 2020, 15:03 WIB

Tingkatkan Populasi Sapi, Babel akan Perbanyak Inseminasi Buatan

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Tingkatkan Populasi Sapi, Babel akan Perbanyak Inseminasi Buatan

MI/Rendy Ferdiansyah
Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan melakukan kunjungan kerja ke BBIB Singosari Malang, Jawa Timur.

 

UNTUK meningkatkan populasi sapi secara besar-besaran. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) akan menggenjot penggunaan Inseminasi buatan hasil dari Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang, Jawa Timur.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, selama ini kebutuhan sapi di Babel selalu dipasok dari luar sehingga menyebabkan harga daging sapi mencapai Rp.120 ribu per kilogram.

Hal tersebut, menurut Erzaldi, harus diatasi dengan adanya program pengembangan sapi, sehingga target Babel swasembada sapi dapat tercapai.

"Makanya kita datang ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Malang ini untuk belajar banyak dan bekerja sama dalam hal pemenuhan inseminasi bagi sapi-sapi yang ada di Babel," kata Erzaldi disela-sela kunjungan kerja ke BBIB Singosari Malang, Jawa Timur. Rabu (5/2).

Dalam kerja sama Inseminasi sapi, Dinas Peternakan Babel akan mengadakan pengadaan bibit-bibit sapi handal yang ada di BBIB Singosari seperti Limosein, Gatot Kaca, dan sebagainya.

"Saya tertarik dengan sapi hasil perkawinan Blue Belgia, ini saya ingin nantinya dikembangkan di Babel,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Babel Djuaidi mengatakan ‎pihaknya akan kembangkan sapi besar besar di Babel, Pengembangan sapi Babel telah menjadi impian sebagai lumbung ternak potong pada 2023 mendatang.

"Kita cari sumber sapi indukan bagus, di BBIG ini, kita akan kerja sama, pembinaan makanan dan segalanya, agar mempercepat perkembangan sapi di Babel," kata Djuaidi.

Saat ini, menurut Djuaidi, jumlah indukan sapi yang ada di Balah Benih Pelempang Babel sebanyak 65 ekor sapi jenis Brahmana Cros, 43 ekor di antarnya sedang bunting.

"Kita berncana kalau 43 ekor ini melahirkan, kita akan melakukan inseminasi dengan Belgian Blue," ujar Djuaidi.

Ia menambahkan untuk jumlah sapi jantan hanya ada 5 ekor. "Jumlah sapi jantan yang kita memiliki 4 ekor, nah nanti kalau sapi-sapi kita jumlahnya sudah banyak kita akan memotong untuk memenuhi kebutuhan sapi di Babel," tutur Djuaidi.

Kunjungan Gubernur Babel ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang juga diterima langsung Kepala Dinas Pertanian Jawa timur Wemmi Namawati dan Kepala BBIB Ernny Hernijanti.(RF/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More