Rabu 05 Februari 2020, 11:01 WIB

Ibu Negara Leshoto Terlibat Pembunuhan Istri Perdana Menteri

Deri Dahuri | Internasional
Ibu Negara Leshoto Terlibat Pembunuhan Istri Perdana Menteri

Samson Motikoe/AFP
PM Thomas Thabane (kiri) menikahi Maesaiah (kanan) setelah dua bulan kematian istri pertamanya Lipolelo yang ternyata dibunuh.

 

IBU Negara Lesotho, Maesaiah Thabane, dinyatakan terlibat pembunuhan istri pertama dari Perdana Menteri (PM) Thomas Thabane, Lipolelo. Pernyataan tersebut disampaikan polisi Leshoto, Selasa (4/2) waktu setempat.

Maesaiah Thabane yang melarikan diri ke luar negeri pada 10 Januari 2019 telah ditangkap saat kembali ke Leshoto pada Selasa (4/2) siang. Ibu Negara Leshoto menyerahkan diri kepada polisi di Maseru, ibu kota Leshto. Polisi mengatakan Maesaiah melarikan diri dan bersembunyi di Afrika Selatan.  

Deputi Komisioner Polisi Mokete Paseka mengatakan Maesaiah, 42, harus menginap di tahanan dan akan dibawa ke pengadilan setelah pihak kejaksaan mempersiapkan tuntutan.   

"Dia (Maesaiah) bertanggung jawab atas pembunuhan bersama delapan orang lain yang berada di Leshoto dan Afrika Selatan," tutur Paseka kepada para wartawan. Ia menambahkan bahwa penyelidikan kasus pembunuhan telah tuntas dengan memuaskan.

Paseka mengatakan pihak kepolisian memiliki kasus berat karena melibatkan ibu negara yang tak bisa hadir di pengadilan, Selasa (4/2) dengan alasan soal logistik.   

Surat penangkapan Ibu Negara Leshoto dikeluarkan setelah sehari Maesaiah kabur ke luar negeri yang sebelum menolak untuk memenuhi panggilan polisi terkait pembunuhan istri pertama dari suaminya sendiri, PM Leshoto. Thomas Thabane.    

Maesaiah sendiri dijemput di daerah perbatasan antara Leshoto dan Afrika Selatan setelah berkoordinasi antara pengacara dan Maesaiah dan polisi.   

Apakah PM Thomas Thabane akan mengundurkan diri?

Kasus pembunuhan justru terbongkar dua hari jelang pelantikan Thomas Thabane sebagai Perdana Menteri (PM) untuk periode kedua dan dua tahun setelah pihak pengadilan menyatakan Lipolelo yang dibunuh adalah ibu negara yang saya dan mendapat kewenangan.    

PM Thomas Thabane, 80, menikahi Maesaiah dua bulan setelah kematian istri pertamanya Lipolelo, 58, yang ternyata dibunuh oleh Maesaiah. .

Dua pekan lalu, polisi juga telah menanyai PM Thomas Thabane yang diduga pernah menelepon orang yang berada di lokasi pembunuhan.

Bulan lalu, Thomas Thabane sempat mengumumkan dirinya berniat mengundurkan diri setelah partai yang berkuasa tak lagi mendapat dukungan suara mayoritas. Namun hingga kini, Thomas belum menyatakan niat mundurnya.

Kini Leshoto, kerajaan kecil dengan wilayah pegunungan di Afrika itu di ambang ganjang-ganjing politik.  

Bahkan sejumlah anggota senior dari partai berkuasa yang selama ini mendukung Thomas, All Basotho Convention (ABC), telah menuduh PM Thomas telah menghalangi proses investigasi kasus pembunuhan. (AFP/Aljazeera/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More