Rabu 05 Februari 2020, 09:40 WIB

Media Berperan Menjaga Demokrasi Pancasila

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Media Berperan Menjaga Demokrasi Pancasila

MI/ARDI TERISTI HARDI
KETUA Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dalam Studi Komparasi Komisi A DPRD DIY dan wartawan unit DPRD DIY, Selasa (4/2/2020)

 

KETUA Komisi A  DPRD DIY, Eko Suwanto menyebut, penting bagi anggota dewan untuk membangun sinergi dengan insan media. Pasalnya, wartawan merupakan penjaga demokrasi dan Pancasila

"Media dan wartawan pendekar demokrasi dan penjaga Pancasila," kata Eko dalam acara Studi Komparasi Komisi A DPRD DIY dan wartawan unit DPRD DIY, Selasa (4/2).

Ia pun mengapresiasi peran media yang berkomitmen menjaga demokrasi Pancasila. Di satu sisi, DPRD punya tugas dalam melakukan pendidikan politik. Di sisi lain media berperan dalam menyampaikan informasi terkait nilai-nilai Pancasila. Menurut dia, DIY Yogyakarta dan Surabaya punya tantangan yang sama, yaitu terorisme dan intoleransi sehingga perlu kerja sama sangat baik antara media  dan DPRD dalam menangkal ancaman itu. Media jadi pilar penjaga Indonesia raya. DPRD pandang penting apresiasi kerja media jaga NKRI bersama perangi terorisme dan intoleransi.

Dalam kegiatan yang mengambil tema Sinergitas DPRD dan Wartawan dalam Menjaga Demokrasi Pancasila, Eko juga menyampaikan rasa bersyukur hidup di Indonesia yang memiliki mekanisme rekrutmen kepemimpinan demokrasi Pancasila. Di Indonesia rekrutmen pemimpin di Indonesia paling tidak ada 6  cara yang mengakomodasi demokrasi dengan nilai-nilai lokal.

Selain Pemilu Legislatif dan presiden yang dilakukan secara serentak serta  Pilkada serentak, pemilihan pemimpin daerah di Provinsi Aceh, Papua, DKI Jakarta, dan DIY memiliki kekhasan masing-masing.

"Demokrasi di Indonesia berdasarkan Pancasila hargai bhinneka tunggal ika," pungkas dia.

baca juga: Sensus Penduduk 2020 Secara Online Gunakan Data Registrasi

Ketua DPRD Kota Surabaya, D Adi Sutarwijono dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya selalu menggelorakan nilai-nilai Pancasila. Hasilnya, warga dengan beragam suku dan agama di surabaya bisa hidup berdampingan dengan damai, melaksanakan gotong royong, dan menyelesaikan masalah dengan rembugan.  Terkait tugas politisi dan wartawan, jelas dia, berbeda, tapi saling melengkapi.

"Sinergi wartawan dengan politisi sangat penting dengan misi jaga NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila," tukasnya. (OL-3)

 

 

Baca Juga

Dok Djarum Foundation

Ribuan APD Disalurkan ke Kudus

👤Agus Triwibowo 🕔Jumat 03 April 2020, 19:05 WIB
Bantuan APD yang diberikan antara lain baju coverall, kacamata, dental protective face, masker N95, masker bedah, sepatu, dan sarung...
MI/Supardji Rasban

Warga Brebes Pemudik dari Tangerang Meninggal di Tegal

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 03 April 2020, 18:47 WIB
Dedy menambahkan, jumlah total Orang Dalam Pantauan (ODP) sampai hari ini sebanyak 148 orang, 141 orang berstatus masih dalam pantauan dan...
MI/Lilik Dharmawan

Wakil Bupati Banyumas ke Pasien Sembuh Korona: Jangan Ngeyel

👤Lilik Dharmawan 🕔Jumat 03 April 2020, 18:37 WIB
Saat dipulangkan, sejumlah warga menyambutnya, karena memang penyambutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya